Breaking News
Loading...

Pertama dalam Sejarah, Indonesian Corner Resmi Dibuka di Iran
Syiahindonesia.com - Pojok Indonesia (Indonesian Corner) untuk pertama kalinya dibuka di negeri Syiah, Iran. Peresmian sekaligus pembukaan Indonesian Corner berlangsung di Universitas Ferdowsi, Kota Mashhad, Iran tanggal 7 Maret 2019 lalu.

“Pendirian Indonesian Corner atau Pojok Indonesia di Iran, merupakan salah satu implementasi bentuk kerja sama pendidikan sekaligus promosi budaya Indonesia kepada masyarakat Iran khususnya generasi muda. Indonesian Corner di Universitas Ferdowsi menjadi Indonesian Corner pertama tidak hanya di Mashhad namun juga di Iran,” ujar Duta Besar RI untuk Iran merangkap Turkmenistan, Octavino Alimudin, pada peresmian tersebut rilis KBRI Tehran di laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Senin (11/03/2019).

Dubes Octavino menyampaikan bahwa Indonesian Corner tidak hanya menjadi milik Universitas Ferdowsi, namun juga milik bersama dan terbuka untuk publik yang ingin memperoleh informasi terkait Indonesia.

Pengelolaannya tidak terbatas oleh mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di universitas tersebut, tapi juga mahasiswa Indonesia yang berada di Kota Mashhad. Para mahasiswa akan dilibatkan secara aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program Indonesian Corner, sehingga mereka memiliki tanggung jawab dan terkait keberlangsungan Indonesian Corner tersebut.

Sebelumnya, sebuah diskusi mengenai kerja sama pendidikan RI-Iran mengawali pembukaan Indonesian Corner. Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Ferdowsi beserta para dekan, pejabat pemerintah Iran yang diwakili oleh para pejabat dari ICRO, Kementerian Budaya dan Bimbingan Islam Provinsi Khoramsar dan lain-lain, akademisi, pelajar, dan media.

Sementara itu, Professor Syafaatun Almirzanah, dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Helmi Hasan, Wali Kota Bengkulu yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Iran juga turut hadir menyampaikan pemikirannya dan mereka menawarkan peluang kerja sama pendidikan baik dengan Universitas Ferdowsi maupun dengan pemerintah Iran secara keseluruhan.

Diskusi juga membahas mengenai program-program Indonesian corner selanjutnya, kerja sama antar universitas baik umum maupun pendidikan Islam termasuk penawaran kerja sama pendidikan dengan universitas umum negeri dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan IAIN Bengkulu. Tawaran tersebut memperoleh tanggapan yang disebut sangat baik. Hidayatullah.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: