Breaking News
Loading...

 Syiah di Garut


Jawa Barat merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia. Aliran keagamaan pun banyak tersebar di  Jawa Barat. Bebarapa Mazhab aqidah di temukan di Jawa Barat. Salah satu ormas syiah terbesar dan tertua juga lahir di Jawa Barat. Sampai saat ini, yang ada tokoh kunci yang menjadi gerbong gerakan syiah di Jawa Barat. 

Siapakah tokoh yang dimaksud? ya, dia adalah Jalaludin Rahmat, pendiri IJABI (Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia) dan generasi ke duanya yaitu Miftah Rahmat. Regenerasi syiah, bisa dibilang berhasil, karena Jalaludin sebagai icon syiah di Indonesia, memiliki anak laki-laki yang bisa meneruskan perjuangan bapaknya. Ini tentunya  menjadi tantangan bagi umat islam sendiri. Perjuangan menghambat pergerakan syiah akan mendapatkan tantangan yang tidak mudah.

Selain terpusat di Bandung sebagai pusat kota provinsi Jawa Barat, syiah juga berkembang di beberapa daerah di Jawa Barat. Salah satu daerah basis syiah adalah Garut. Komunitas syiah mengunakan wadah sebuah ormas bernama Permabi. Komunitas yang khas dengan seragam warna hijau tersebut aktif menjalankan program dakwah dan kemanusiaan. Mereka mencari simpati umat dengan melakukan kegiatn rutin yang sifatnya fisik. Membetulkan jalan yang rusak, sungai, masjid yang kotor dan hal-hal lain yang sifatnya ada di sekitar masyarakat. 

Dengan program tersebut, setidaknya masyarakat akan bersimpati dan tidak menganggap syiah sebagai aliran sesat. Jika ini yang menjadi kenyataan, maka misi dakwah syiah berhasil di daerah Garut. Menurut salah satu kontributor kami, di beberapa titik, tokoh syiah ada yang aktif di beberapa yayasan dan menjalankan misi syiah secara terselubung. Mereka bisa berbaur dengan masyarakat dan akhirnya mereka bisa mendapat support dana dan lain sebagainya. Meski tidak menjadi program syiah semua, tapi ke depan, jika syiah bisa menempatkan SDM yang berpengaruh, bukan tidak mungkin, syiah akan mendapatkan pengikut lebih banyak lagi. Ini akan menjadi masalah di kemudian hari. (Ahmad Hasyim)




************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: