Breaking News
Loading...

Qassem Soleimani, Ikon Rezim Syiah yang Beringas di Timur Tengah
Syiahindonesia.com - Tahun baru 2020 menjadi penanda lara bagi Republik Islam Iran, juga geram. Tahun baru 2020 menjadi pendongkrak sitegang yang telah berlangsung cukup purba antara Iran dan Amerika.

Keduanya semakin lantang bertukar ancaman akan saling menyerang. Iran tampaknya tak gentar melawan sang adidaya karena mengklaim dirinya pengembang nuklir dan penjaga Hormuz, dua hal yang selama ini menjadi alasan kegamangan Barat dan sekutu.

Diperintahkan oleh Donald Trump, Amerika Serikat pada 3 Januari dini hari membidikkan rudal pesawat tak berawaknya ke arah arak-arakan kendaraan di bandara internasional Baghdad yang salah satunya ditumpangi oleh Jenderal Qassem Soleimani. Sang jenderal yang memantik lara. Sang jenderal yang membakar geram.

Solemani adalah “bukan revolusioner Iran biasa”, menurut pakar Behnam Taleblu.

“Kombinasi keyakinan dan kematian Soleimani adalah apa yang membuat pasukannya begitu beringas,” kata Taleblu, yang bekerja di Yayasan Pertahanan Demokrasi yang bermarkas di Washington.

Sebelum bergabung dengan IRGC, Soleimani tidak memiliki pengalaman militer. Tetapi setelah mendapatkan lebih dari 20 tahun kemampuan operasional langsung, Soleimani bisa dibilang kekuatan yang paling dominan dalam sejarah militer Iran baru-baru ini.

Karier Militer yang Memukau

Iran, di bawah kepemimpinan sakral Ayatullah Ali Khomeini, menempatkan Qassem Soleimani di garda depan pertempurannya di kawasan Timur Tengah. Beberapa menyebut ia, sang jenderal dengan raut tegas itu, sebagai sosok paling kuat kedua Teheran. Sejumlah media arus utama bahkan melansir Soleimani sebagai arsitek dan kunci yang membentuk konflik di seluruh wilayah. Ia juga dituduh mengendalikan milisi proksi di seluruh Timur Tengah termasuk di Irak, Lebanon, dan Suriah.

Lahir di kota Kerman Iran pada tahun 1957, Soleimani bekerja di bidang konstruksi sebelum memulai pendakiannya ke puncak militer Iran pada tahun 1979 pada usia 22 tahun.


Soleimani muda berbicara di hadapan pasukan dalam perang Irak tahun 1980-an.
Karirnya merangkak cepat. Soleimani menjadi komandan Divisi Sarallah ke-41 saat usianya masih di bawah 30 dan pada pertengahan 80-an dia mendirikan misi rahasia di Irak untuk berjuang melawan rezim Saddam Hussein, bergabung Kurdi Irak, dimana ia memperoleh rekor yang luar biasa, berpartisipasi dalam operasi militer besar, menjadikannya pahlawan bagi Teheran.

Hampir dua dekade setelah bergabung dengan IRGC, Soleimani mencapai posisi tertingginya. Tahun 1988, ia dinobatkan sebagai pemimpin Pasukan Quds, unit militer elit Iran yang bertugas menyebarkan kebijakan Republik Islam di luar Iran – salah satu alasan mengapa komandan sering mendarat di garis bidik Washington.

Pada tahun 2011, Soleimani dipromosikan menjadi Mayor Jenderal Pengawal Revolusi Iran oleh Khameinei, yang pada beberapa titik menjuluki prajurit militer itu sebagai “martir hidup”.

Sementara Soleimani mencapai status selebritas di Iran, ia mundur dari sorotan internasional dan sebagian besar beroperasi di bawah bayang-bayang dunia Barat.

Soleimani adalah “sosok bayangan”, menurut mantan Kolonel Angkatan Pertahanan Israel (IDF) dan mantan penasihat Perdana Menteri Ehud Olmert, Miri Eisin, yang saat ini bekerja di komunitas intelijen ‘Israel’, “Dia tahu untuk menjauh dari sorotan.”

Campur tangan regional Soleimani

Soleimani adalah pendorong utama di balik pendekatan kekuatan ambisius Iran, mengkonsolidasikan pengaruh Iran atas rekan-rekan Syiah di wilayah tersebut dan menciptakan jaringan proksi yang luas dari Libanon ke Suriah, ke Irak, ke Yaman.


Soleimani memimpin Pasukan Quds di Irak utara, Mei 2017.
Warisan Soleimani “lebih dipahami dengan melihat bagaimana Iran telah dapat memasukkan dirinya ke dalam beberapa konflik yang bukan miliknya,” tutur Taleblu.

Soleimani adalah “manusia jahat” yang bertanggung jawab karena membunuh ribuan orang, kata Wakil Presiden AS Mike Pence melalui Twitter.

Dia adalah “salah satu penjahat paling terkenal dalam sejarah Iran, yang memiliki darah ratusan ribu orang di Iran dan wilayah itu,” ungkap Alireza Jafarzadeh, wakil direktur Kantor Perwakilan AS di Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI-AS.

Di Lebanon, Soleimani diduga terlibat dalam pembunuhan 2005 terhadap mantan Perdana Menteri Rafik al-Hariri, menurut sebuah artikel 2013 di New Yorker, yang melaporkan bahwa penyelidik senior untuk Pengadilan Khusus Libanon yang didukung PBB mencurigai keterlibatan Iran dalam pembunuhan itu.

“Jika Iran terlibat, Suleimani tidak diragukan lagi adalah pusat dari insiden ini,” artikel itu melaporkan sebagaimana dikutip dari mantan pejabat senior CIA Robert Bauer.


Soleimani terlihat selama operasi anti-ISIS di kota Bukamal, Provinsi Dayr al-Zawr, Suriah.
Di Suriah, Soleimani “terus mendukung rezim pembunuh … membantu dan bersekongkol [Presiden Suriah] pelanggaran brutal Assad terhadap rakyat Suriah,” menurut Pence.

Soleimani mendukung rezim perjuangan Presiden Suriah Bashar al-Assad melawan pemberontak, mengirim ribuan anggota Pasukan Quds ke Suriah untuk membantu dan melatih Angkatan Bersenjata Suriah dan milisi Assad.

Departemen Keuangan AS menyetujui Soleimani sehubungan dengan “pelanggaran hak asasi manusia di Suriah, untuk perannya sebagai Komandan IRGC-QF, saluran utama untuk dukungan Iran untuk Direktorat Intelijen Umum Suriah (GID),” menurut sebuah pernyataan yang diterbitkan Mei 2011.

Diperkirakan 400.000 warga Suriah telah terbunuh sejak konflik dimulai pada 2011, menurut Utusan PBB untuk Suriah.

Kepala militer Iran juga berada di belakang upaya pembunuhan duta besar Arab Saudi untuk AS Adel al-Jubeir pada 2011 dan mengawasi “upaya serangan teroris di tanah Amerika,” menurut Pence.


Soleimani terlihat memberi hormat paling tinggi pada Pemimpin Tertinggi Ayatullah Khomeini setelah Iran mengklaim kemenangan dalam operasi melawan Daesh di Suriah.
Dan rencana Soleimani untuk membunuh masih jauh dari selesai. Soleimani merencanakan serangan terhadap diplomat Amerika dan personil militer sebelum dia terbunuh, menurut Pence.

Pada pertengahan Oktober, Soleimani menginstruksikan sekutu milisinya di Syiah di Irak untuk meningkatkan serangan terhadap sasaran AS di negara itu dengan menggunakan senjata canggih yang disediakan oleh Iran, menurut Reuters mengutip dua komandan milisi dan dua sumber keamanan yang diberi pengarahan pada pertemuan itu.

Oleh sebabnya, penghapusan Soleimani akan menciptakan ketakutan di antara proksi Iran di Irak, Suriah, Lebanon, dan di tempat lain, pungkas Jafarzadeh. (Althaf/arrahmah.com)



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: