Breaking News
Loading...

Pembesar Syiah: Kita Tidak Pernah Merasa Kaum Minoritas
Syiahindonesia.com, Jakarta - Organisasi masyarakat (ormas) Islam, Ahlulbait Indonesia (ABI), menggelar muktamar ketiga. Ketua Dewan Syura Ahlulbait Indonesia, Umar Shahab, mengatakan syiah merupakan bagian kesatuan dari umat islam.

"Karena untuk menjadi atau untuk menegaskan diri sebagai pengikut Islam memang tidak ada keharusan kita harus menyatakan sebagai syiah atau apa dan sebagainya. Karena kita merasa bahwa syiah adalah bagian integral umat Islam yang tak terpisahkan," kata Umar dalam acara seminar di Hotel Horison Arcadia, Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Seminar yang bagian dari rangkaian Muktamar ketiga Ahlulbait Indonesia ini mengambil tema Peran Ormas Islam dalam Membangun Strategi Kebudayaan Nasional. Oleh karena bagian dari kesatuan Islam, Umar tak menilai syiah di Indonesia sebagai minoritas. Namun, dia mengakui ada beberapa pandangan berbeda soal syiah.


"Karena itu kita merasa bahwa pengaruh syiah di Indonesia ini bukan masuk kategori kaum minoritas. Karena kita tidak pernah merasa kaum minoritas. Kita adalah kaum muslimin. Kita adalah bagian yang tak terpisah dari umat Islam Indonesia," ungkap Umar

Baca juga: Setara: Pelanggaran Kebebasan Beragama Tertinggi di Jabar, Kedua DKI

"Meskipun kita sadar betul bahwa kita memiliki pandangan-pandangan yang berbeda dalam beberapa hal dengan pengaruh-pengaruh dan pemikian-pemikiran lainnya," sambungnya.

Dia mengatakan Ahlulbait Indonesia berdiri pada 2010 dan saat ini sudah memiliki 24 dewan pengurus wilayah provinsi serta 120 kepengurusan daerah. Ahlulbait Indonesia juga memiliki organ-oran otonom lain seperti muslimat. Namun, Umar mengatakan saat ini belum diketahui jumlah pasti penganut syiah di Indonesia.

"Selama 9-10 tahun ini kita telah melakukan banyak hal. Dan intinya adalah melayani para pengikut ahli atau para pengikut syiah yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Juga melakukan apa yang harus kita lakukan untuk pengikut masyarakat syiah Indonesia yang jumlahnya meski tidak ada data resmi, tapi cukup banyak. Saya tidak bisa menyebut angka meski ada yang klaim sampai 5 juta, ada yang 1-2 juta. Belum Ada, apa namanya, secara resmi melakukan penghitungan," kata dia.

Di lokasi yang sama, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama, Juraidi, menyambut baik kegiatan ini. Dia juga berharap ormas ini dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa dalam bidang keagamaan. Detik.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: