Breaking News
Loading...

Moqtada Al-Sadr Ancam Akan Paksa PM Syi'ah Irak untuk Mundur
Ulama Syi'ah berpengaruh Irak Moqtada Al-Sadr pada hari Sabtu (26/10/2019) mengeluarkan ultimatum kepada pemerintah Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi ketika jumlah korban tewas dari dua hari protes baru naik menjadi 63.

Abdul Mahdi harus menanggapi tuntutan para pemrotes dengan reformasi sejati, atau mengundurkan diri. Jika dia gagal melakukan keduanya, Al-Sadr akan memaksanya keluar dari kantor.

Sepekan protes di Baghdad dan tujuh provinsi selatan yang didominasi Syi'ah menentang korupsi, pengangguran, layanan publik yang tidak berfungsi dimulai pada 1 Oktober. Setidaknya 147 orang tewas dan lebih dari 7.000 orang terluka dalam tindakan keras keras oleh pemerintah Irak dan sekutunya. .

Protes dilanjutkan pada Kamis malam, dengan tanggapan yang bahkan lebih keras. Pasukan Syi'ah Irak berjanji untuk tidak menggunakan amunisi tajam, tetapi 63 pengunjuk rasa telah tewas dan lebih dari 2.500 terluka.

Sebagian besar korban disebabkan oleh gas air mata dan peluru tajam yang ditembakkan oleh penjaga dari partai politik dan markas besar faksi bersenjata di selatan, setelah para pemrotes menyerang dan membakar kantor mereka.

Moqtada al-Sadr, yang memiliki jutaan pengikut dan mengendalikan salah satu faksi bersenjata terbesar dan blok parlemen terbesar, membantu membentuk pemerintahan saat ini. Namun, dia sekarang telah menarik dukungannya dari Abdul Mahdi dan menempatkan para petempur milisi Syi'ah dari faksi bersenjata Saraya Al-Salam dalam siaga tinggi.

Demonstrasi di provinsi Maysan dan Nasiriyah, benteng Sadr terbesar di selatan, adalah yang paling mematikan dalam dua hari terakhir. Para pengunjuk rasa menyerang markas besar faksi bersenjata Syi'ah Iran dan membakarnya, termasuk pangkalan Organisasi Badr.

Di provinsi Maysan, orang-orang bersenjata bertopeng mengejar sebuah ambulans yang membawa komandan faksi bersenjata yang terluka, membunuhnya dan saudaranya dan membakar tubuh mereka.

"Mari kita perjelas bahwa 90 persen pemrotes di Amara adalah Sadrist," kata seorang penyelenggara protes kepada Arab News. "Dan setelah Sadr mengatakan dia akan melindungi demonstrasi, puluhan anggota Saraya Al-Salam yang menyamar telah bergabung dengan para demonstran."

Moqtada al-Sadr mengatakan kepada perdana menteri pada hari Sabtu: “Angkat tanganmu dari orang-orang dan hentikan penindasan. Cukup, agar Irak tidak tergelincir ke dalam hasutan dan perang saudara.

"Mengundurkan diri sebelum kamu dipaksa untuk mengundurkan diri, atau melakukan reformasi sebelum kamu dihapus."

Seorang politisi Syi'ah terkemuka mengatakan kepada Arab News: "Sadr berusaha melakukan kudeta militer terhadap kekuatan politik Syi'ah. Dia memulai di selatan dan langkah selanjutnya adalah Baghdad. ”

Ratusan pejuang Saraya Al-Salam kini menuju ke Baghdad dari provinsi tengah dan selatan. "Faksi-faksi bersenjata Syi'ah (yang didukung Iran) lainnya mungkin melakukan intervensi untuk menjaga keamanan, yang berarti pertempuran antara kedua belah pihak," kata para politisi. voa-islam.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: