Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Sejumlah foto yang memotret tentang sekitar 50 orang tunawisma atau gelandangan tinggal di bekas kuburan di luar Kota Teheran, Iran, telah mengejutkan warga Iran.

 Bekas kuburan di Kota Shahriyar, sekitar 30 kilometer arah barat Teheran, dijadikan rumah bukan hanya oleh para tunawisma pria, tapi juga perempuan dan anak-anak. Bahkan ada yang sudah tinggal di bekas kuburan ini selama 10 tahun. Mereka merupakan kaum miskin Iran dan beberapa pecandu narkoba.

 Foto-foto dramatis kehidupan para tunawisma di pinggiran ibu kota Iran dimuat di surat kabar Shahrvand. Rouhani memberikan responsnya setelah sutradara peraih Oscar, Asghar Farhadi ,menulis surat yang ditujukan kepadanya.

 Para tunawisma yang hidup di bekas kuburan menyatakan kesediaan mereka meninggalkan tempat itu setelah pemerintah berjanji menyelesaikan masalah mereka.

”Apakah kami bukan manusia? Kami orang asing? Kami warga Iran,” kata seorang tunawisma yang meminta pemerintah membangun tempat tinggal untuk mereka, lansir Dunia.tempo.co, (1/6/18).

Peristiwa tragis ini bukan pertama kali terjadi di Iran. Oktober lalu, warga Iran dikagetkan oleh orang-orang tunawisma tinggal di kanal pembuangan sampah dekat jalan bebas hambatan di Teheran.

Iran saat ini menghadapi masalah kemiskinan yang makin parah. Sementara pada 2014 persentase pengangguran sebesar 10,6 persen, tahun ini naik menjadi 12,7 persen. Dan pengangguran di golongan anak muda mencapai 27 persen. (albert/syiahindonesia.com)

0 komentar: