Breaking News
Loading...

Pemberontak Syiah Hutsi Serang dan Tutup Kantor Berita di Sanaa
Syiahindonesia.com - Milisi pemberontak Syiah Hutsi menyerang sebuah kantor berita independen di Sanaa. Mereka juga menyandera sejumlah staf media tersebut.

Pemberontak Syiah Hutsi menyerang kantor berita Al-Saeeda yang berada di kota Sanaa. Penyerangan tersebut dilakukan bersama dengan pasukan pendukung mantan presiden Ali Abdullah Saleh.

Sebagaimana dilaporkan Al Arabiya, Senin (05/09), kelompok pemberontak tersebut juga menangkap manajer umum Al-Saeeda, Mukhtar Al-Qudsi. Tak hanya itu, para milisi Syiah itu juga menahan karyawan yang lain dan menutup paksa kantor berita itu.

Sampai saat ini belum ada keterangan yang diberikan oleh pihak pemberontak Hutsi. Sejauh ini kelompok yang didukung oleh Iran itu telah berulang kali melakukan pelanggaran terhadap kebebasan pers di Yaman.

Sindikasi Jurnalis Yaman mengungkapkan dalam semester pertama 2016 saja telah terjadi 100 pelanggaran kebebasan pers. Pelanggaran itu meliputi pembunuhan, penculikan, penghilangan paksa, penahanan dan serangan.

Kelompok jurnalis itu menyebut bahwa kelompok pemberontak Hutsi dan pendukung Ali Abdullah Saleh bertanggung jawab atas pelanggaran-palanggaran itu. Pemberontak Syiah Hutsi yang melancarkan kudeta telah menguasai ibukota Sanaa sejak Sptember 2014 silam. (kiblat)

0 comments: