Breaking News
Loading...

 Imam Abu Hanifah pun Menyatakan bahwa Syiah Sesat

Setelah sebelumnya kita mengetahui apa sikap Imam Asy-Syafi’I dan Imam Malik terhadap syiah, maka berikut ini keterangan tentang sikap Abu Hanifah terhadap sekte ini:


وذكر السبكي أن مذهب أبي حنيفة وأحد الوجهين عند الشافعي والظاهر من الطحاوي في عقيدته كفر ساب أبي بكر ، فتاوى السبكي 2/590) . وقد ذكر في كتاب الفتاوى أن سب الشيخين كفر وكذا إنكار إمامتهما". وكان أبو يوسف صاحب أبي حنيفة يقول: " لا أصلي خلف جهنمي ولا رافضي ولا قدري . انظر شرح أصول اعتقاد أهل السنة للإمام اللالكائي 4 / 733

Imam As-Subki menyebutkan bahwa madzhab Abu Hanifah dan salah satu pendapat syafi’I dan yang lahir dari Ath-Thahawi dalam akidahnya adalah kekufuran orang yang mencela Abu Bakar. (Fatawa As-Subki 2/590)


 

Dan Imam As-Subki juga menyebutkan bahwa mencela asy-syaikhani (Abu Bakar dan Umar)adalah kekufuran, demikian pula jika mengingkari kepemimpinan mereka berdua. “

Dan  Abu Yusuf, sahabat Abu Hanifah berkata, “Aku tidak shalat di belakang penganut jahmiyyah dan tidak pula syiah rafidhah dan juga qadariyyah (pengingkar takdir). “ lihat Syarh Ushul I’tiqad Ahlissunnah wal Jama’ah karya Imam Al-Lalika’i.

Sumber : Kompasiana com /nugrahaentra/



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: