Breaking News
Loading...

 Pusat Kaderisasi Syiah : Pondok Pesantren YAPI Bangil.

Pondok pesantren Yayasan Pendidikan Islam didirikan oleh ustaz Husein bin Abu Bakar Al-Habsyi pada tanggal 21 Juni 1976 di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Kemudian pada tahun 1997-1998 YAPI menyelenggarakan pendidikan terpadu menawarkan beberapa program pendidikan, yaitu pendidikan takhasus yang mengutamakan kurikulum pesantren dan berijazah SMP, SMA dan Sarjana Strata Satu (S.1) yang menyajikan kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Diniyah serta Taman Kanak kanak plus.



Pondok Pesantren YAPI memiliki dua lembaga pesantren, yaitu pesantren putra yang berlokasi di Kenep, Beji, Pasuruan dan pesantren putri berlokasi di Kota Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Pondok pesantren ini dijadikan sebagai tempat pembinaan kader-kader Syi’ah yang berasal dari daerah yang siap diterjunkan ke masyarakat. Pembinaan dilakukan dengan memberikan pembekalan doktrin sebagai da’i dan missi gerakan Syi’ah. Letak Bangil, Pasuruan, Jawa Timur ini dikaitkan dengan pengembangan dan penyebaran Syi’ah di Indonesia sangat strategis, historis
dan fundamental, karena hampir semua tokoh muda Syi’ah di Indonesia yang berusia 40-50 tahun umumnya pernah belajar di pondok pesantren Yayasan Pendidikan Islam Bangil, Pasuruan ini.

Pesantren YAPI termasuk salah satu pesantren termodern di Indonesia, terdapat sekitar 300 judul kitab standard Syi’ah yang dikelola dengan komputerisasi, mempunyai CD Rom yang memuat 1.500 jilid kitab yang berisi bermacam-macam judul, mulai dari kitab tujuh mazhab seperti Maliki, Hanafi, Syafi’i, Hambali, Ja’fari, Zhahiri dan lain-lain. Selain itu terdapat ratusan Kaset pengajaran logika sebagaimana yang diajarkan di Qum Iran.

Pesantren ini mempunyai hubungan baik dengan ulama-ulama Iran, khususnya dalam pengiriman buku-buku dan santri untuk melanjutkan studi di Iran. Pesantren YAPI Bangil ini sangat terkenal di Indonesia dan makin eksis dalam penyebaran ajaran Syi’ah secara akademik dan telah melahirkan kader-kader Syi’ah yang tangguh untuk siap melanjutkan missi penyebaran Syi’ah di seluruh tanah air. Dengan demikian, eksistensi Syi’ah sangat kuat terutama di wilayah Jawa Timur
 


Sumber : buku Pergulatan Syi’ah Dalam Konstelasi
Politik Keagamaan di Indonesia karangan Dr. Drs. H. Rifa’i Abubakar, MA





************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: