Breaking News
Loading...

Tahukah? Maulud Nabi Muncul Pertama Kali di Masa Dinasti Syiah Fathimiyyah Mesir
Syiahindonesia.com - Dosen sejarah peradaban Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zakaria M.Ag mengatakan, sejarah perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pertama kali diketahui muncul di masa Bani Fatimiyyah di Mesir. Dinasti Fatimiyyah didirikan oleh Sa'id bin Husain di Tunisia sekitar tahun 909 M dan berideologi Syiah.

Nama Fatimiyah diambil dari putri Rasulullah SAW yang juga istri Ali bin Abi Thalib. Sa'id bin Husain dan para pendiri Dinasti Fatimiyah mengklaim masih satu garis nasab atau keturunan dengan Fatimah.

Dinasti Fatimiyah runtuh pada tahun 1169 Masehi. Lahirlah kemudian Dinasti Ayyubiah pimpinan Salahudin Al Ayyubi. Ketika itu, menurut Zakaria, Shalahuddin al Ayyubi yang menaklukan Bani Fatimiyyah di Mesir melihat warga merayakan hari lahir Ali bin Abi Thalib sebagai wujud kecintaan mereka.

"Salahuddin al Ayyubi kemudian menggagas festival syair, yang kemudian muncul syair-syair besar di bidang cerita tentang Nabi yaitu ada Barzanji dan Ad Diba'I. Nah, dari sanalah muncul perayaan-perayaan maulid," kata Zakaria saat berbincang dengan detikcom, Jumat, 1 November 2019 pekan lalu.

"Jadi sebenarnya awalnya itu perayaan maulid untuk Ali bin Abi Thalib dan sekarang sudah menjadi tradisi maulid itu," imbuh dia. news.detik.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: