Breaking News
Loading...

Guru Besar UIN Tuduh yang Praktikkan Nikah Mut'ah di Indonesia itu Sunni Bukan Syiah
Syiahindonesia.com - Guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra mengungkapkan bahwa saat ini Syiah tidak lagi mempraktikkan kawin kontrak atau mut'ah. Hal itu berdasarkan pengamatannya saat ngobrol dengan mahasiswa.

"Saya tanya ke mahasiswa pasca UIN apakah praktik mut'ah masih ada tidak di Iran? Mahasiswa Iran itu menjawab bahwa di Iran sudah tidak ada praktik nikah mut'ah," kata dia di tayangan Realita TV pada Senin (4/11/2019).

"Mut'ah hanya boleh dilakukan ketika perang. Tentara-tentara perang yang meninggalkan istrinya di kampung, nah boleh. Karena jauh dari istri, jauh dari keluarganya," ungkap dia.

Pernyataan itu disela presenter Rahma Sarita, "Tapi sangat beda sebenarnya. Di Iran masih banyak juga yang mempraktikkannya. Realitanya seperti itu," kata Rahma yang kini mengenakan hijab.

Azyumardi malah menuding bahwa yang mempraktikkan nikah mut'ah sekarang adalah sunni.

"Yang mempraktikkan nikah mut'ah di Indonesia itu justru orang-orang sunni yang berasal dari dunia Arab. Kalau kita pergi ke Cisarua, ke Puncak rata-rata dari Semenanjung Arabia. Ada Arab Saudi, ada Kuwait, ada macam-macam itu. Jadi itu tidak pas lagi," ujar tokoh liberal ini.

Artikel ini diambil dari website Alumni212.id dengan judul asli Azyumardi: Yang Praktikkan Nikah Mut'ah Itu Sunni di Indonesia, Bukan Syiah. Link sumber: https://www.alumni212.id/2019/11/azyumardi-yang-praktikkan-nikah-mutah.html

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: