Breaking News
Loading...

Pertempuran Sengit Koalisi Arab dengan Teroris Syiah Houthi Meletus di Hodeidah
Syiahindonesia.com - Aliansi telah mengumpulkan ribuan tentara Yaman dalam beberapa hari terakhir di dekat pelabuhan yang dijaga ketat meski ada seruan baru-baru ini dari para pemimpin internasional untuk mengakhiri konflik yang sedang berlangsung di negara itu, yang telah mengakibatkan “krisis kemanusiaan terburuk” di dunia.

Pemberontak dan pejabat pemerintah melaporkan pertempuran sengit pada hari Senin (5/11/2018) di dekat kota pelabuhan barat, menurut kantor berita AFP.

“Semua orang yang tinggal di antara bandara dan universitas terperangkap, empat hari terakhir sangat sulit, melampaui tingkat bencana,” kata Isaac Ooko, manajer area Hodeidah untuk Dewan Pengungsi Norwegia, kepada kantor berita Reuters.

“Serangan udara sangat intens dan jet-jet tersebut menyebabkan kegelisahan permanen … Hodeidah telah menjadi kota hantu, orang tinggal di dalam rumah dan jalanan sepi.”

Para pejabat militer Yaman mengatakan kepada AFP bahwa pasukan pemerintah yang didukung oleh koalisi militer Saudi-UAE dan AS maju ke Hashidah yang dikuasai Syiah Houthi dan menempatkan pasukan di sekitar utara dan selatan kota itu untuk mengepung dan memblokir rute pasokan utama pemberontak.

Para pejabat mengatakan koalisi mengirim jet tempur dan helikopter serang Apache pada Senin pagi untuk mendukung pasukan darat.

Kepala dewan revolusioner Houthi ‘, Mohammed Ali al-Huthi, melaporkan “eskalasi militer oleh koalisi” dan mengecam operasi itu sebagai “upaya berat untuk memblokir pembicaraan yang bertujuan untuk mengakhiri perang dan menemukan perdamaian”.

Sebuah sumber di aliansi Saudi-UAE mengatakan kepada AFP bahwa bentrokan itu bukan “operasi ofensif”, menambahkan bahwa aliansi “berkomitmen untuk menjaga pelabuhan Hodeida tetap terbuka”.

Menurut pejabat medis setempat yang dikutip oleh AFP, sedikitnya 74 pemberontak dan 15 tentara pro-pemerintah tewas akibat pertempuran dalam 24 jam terakhir.

Konflik di Yaman, negara termiskin di Arab yang merupakan rumah bagi sekitar 28 juta orang, dimulai dengan pengambilalihan ibukota Sanaa, pada tahun 2014, oleh pemberontak Syiah Houthi, yang menggulingkan pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional.

Prihatin dengan munculnya Houthi, yang diyakini didukung oleh Iran, koalisi militer Saudi-UAE yang didukung AS meluncurkan intervensi pada tahun 2015 dalam bentuk serangan udara besar-besaran yang bertujuan untuk mengembalikan pemerintah Hadi.

Menurut PBB, sedikitnya 10.000 orang telah tewas sejak koalisi memasuki konflik. Jumlah korban tewas belum diperbarui dalam beberapa tahun, dan kemungkinan akan jauh lebih tinggi.

Pekan lalu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menuntut “segera” menghentikan pertempuran, memperingatkan bahwa negara itu berdiri di “jurang” dan bisa menghadapi “kelaparan terburuk” di dunia selama beberapa dekade jika kekerasan terus berlanjut.

Sekitar 22 juta warga Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan, menurut PBB.

Pertempuran di hari Senin itu terjadi setelah koalisi Saudi-UAE mengirim lebih dari 10.000 pasukan baru menuju Hodeidah pekan lalu sebagai bagian dari serangan baru yang direncanakan untuk mengamankan “wilayah yang dibebaskan” dari Houthi, menurut pejabat pemerintah Yaman.

Langkah itu muncul setelah menahan serangan koalisi di kota itu sebelumnya karena pembicaraan perdamaian yang direncanakan antara faksi-faksi yang berseteru Yaman, yang diadakan pada bulan September di Jenewa.

KTT gagal terwujud ketika perwakilan Houthi menolak hadir, mengatakan PBB gagal memenuhi tuntutan kelompok pra-KTT.

Utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, berharap untuk memulai kembali upaya perdamaian pada pertemuan puncak di Swedia akhir bulan ini.

Pada hari Senin, seorang pejabat koalisi Saudi-UAE mengatakan kepada AFP bahwa aliansi mereka “berkomitmen untuk mengurangi tingkat permusuhan di Yaman dan sangat mendukung proses politik utusan PBB”.

“[Tetapi] jika Houthi tidak muncul lagi untuk pembicaraan damai, ini mungkin menyebabkan [kita] untuk memulai kembali operasi serangan di Hodeidah,” kata pejabat itu.

Lembaga amal Save the Children yang berbasis di Inggris menggambarkan situasi di dalam dan di sekitar Hodeidah, pusat konflik Yaman saat ini, sebagai “sangat memprihatinkan”.

“Eskalasi serius di sekitar kota pelabuhan Yaman yang paling penting ini dapat menempatkan puluhan ribu anak di garis tembak dan semakin tersedak akibat minimnya pengiriman makanan dan obat-obatan,” Tamer Kirolos, direktur Yaman organisasi itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Hodeidah adalah satu-satunya pelabuhan yang dipegang oleh Houthi dan berfungsi sebagai titik masuk untuk sebagian besar impor komersial Yaman dan pasokan bantuan.

Koalisi Saudi-UAE telah memberlakukan blokade di pelabuhan, namun blokade itu diduga sebagai bagian dari upaya mencegah Houthi menggunakannya sebagai titik pendaratan untuk senjata yang dipasok oleh Iran.

Baik Teheran maupun pemberontak Houthi menyangkal bahwa pelabuhan tersebut digunakan untuk menyelundupkan senjata dari Iran ke Yaman. Jurnalislam.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: