Breaking News
Loading...

Negara Syiah Iran Disebut Kembangkan Rudal Berkedok Program Luar Angkasa
Syiahindonesia.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Selasa, 11/2, menuduh Iran mengasah kemampuan rudal balistiknya melalui peluncuran satelit dan bersumpah untuk memberikan lebih banyak tekanan. Demikian AFP, 11/2.

Iran, yang merupakan musuh nomor satu bagi pemerintahan Presiden Donald Trump, mengatakan pada Ahad telah berhasil meluncurkan satelit, tetapi gagal mencapai orbit. Pompeo mengatakan teknologi yang terlibat dalam peluncuran ruang angkasa "hampir identik" dengan pengetahuan untuk rudal balistik jarak jauh.

"Setiap peluncuran, apakah gagal atau tidak, lebih jauh memungkinkan Iran untuk mendapatkan pengalaman menggunakan teknologi seperti itu yang dapat menguntungkan program misilnya dengan kedok program luar angkasa yang damai," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan.

"Amerika Serikat akan terus membangun dukungan di seluruh dunia untuk menghadapi aktivitas rudal balistik sembrono rezim Iran, dan kami akan terus memberikan tekanan besar pada rezim untuk mengubah perilakunya," katanya.

Trump pada 2018 menampar Iran dengan sanksi besar-besaran untuk mengurangi pengaruh militernya saat ia menarik Amerika Serikat dari perjanjian nuklir yang dinegosiasikan pendahulunya Barack Obama.

Ketegangan melonjak bulan lalu setelah Trump memerintahkan serangan pesawat tak berawak yang menewaskan seorang jenderal top Iran, Qassem Soleimani, ketika ia mengunjungi Irak, tempat milisi Syiah sekutu Iran. Iran telah menembakkan roket ke pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan AS yang menciderai 109 orang dan terus bertambah. gatra.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: