Breaking News
Loading...

Teroris Syiah Houtsi Rebut Rute Strategis dalam Pertempuran Mematikan
Syiahindonesia.com - Teroris Syiah Houtsi Yaman memperoleh keuntungan pada Senin (27/1/2020) di utara dan timur Sana’a, merebut jalan strategis dalam pertempuran mematikan, ujar pejabat militer loyalis kepada AFP.

Sumber-sumber pro-pemerintah mengatakan para militan telah merebut rute yang menghubungkan Sana’a ke provinsi Marib, ke timur, dan Jawf ke utara.

Puluhan orang telah terbunuh atau terluka dalam pertempuran di sekitar Sana’a dalam 48 jam terakhir, menurut sumber-sumber militer ini, tetapi mereka tidak dapat memberikan angka yang tepat.

“Houtsi sekarang berusaha mengambil Hazm, ibu kota provinsi Jawf,” kata seorang pejabat kepada AFP tanpa menyebut nama.

Militan Syiah Houtsi kini hanya berjarak lima kilometer (tiga mil) dari kota, sumber menambahkan.

Sebelum pertempuran terakhir, provinsi Jawf sebagian besar dikuasai oleh Houtsi, dengan ibu kotanya masih di tangan pemerintah yang diakui secara internasional.

Provinsi Marib sebagian di bawah kendali Houtsi, dengan ibu kotanya juga dipegang oleh pemerintah.

Pertempuran baru, yang meletus hampir dua minggu lalu, termasuk serangan rudal 18 Januari di sebuah kamp militer loyalis telah menewaskan 116 orang.

Bentrokan telah menghancurkan periode yang relatif di negara yang hancur oleh perang berkepanjangan.

Sebuah rudal menghantam pasar yang penuh sesak pada Senin di barat kota Taiz di Yaman barat daya, menewaskan tiga warga sipil dan melukai tujuh lainnya, menurut kantor berita Saba, Houtsi disalahkan atas serangan itu. (haninmazaya/arrahmah.com)



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: