Breaking News
Loading...

Jendral Iran Qassem Soleimani dan Sejumlah Petinggi Milisi Syiah Tewas di Baghdad
Syiahindonesia.com, Baghdad – TV resmi pemerintah Irak, Jumat (03/01/2020), mengatakan panglima Brigade Quds (unit khusus Garda Revolusi Iran untuk operasi luar negeri), Qassem Soleimani, dan wakil ketua aliansi milisi Syiah Irak Al-Hasd Al-Syakbi, Abu Mahdi Al-Muhandis, tewas dalam serangan rudal. Rudal itu mobil yang mereka tumpangi di dalam Bandara Internasional Baghdad.

Para pejabat AS mengkonfirmasi kepada Reuters, seperti dilansir Al-Sarq Al-Ausath, bahwa Washington “melakukan serangan terhadap dua sasaran yang terkait dengan Iran di Baghdad”. Sementara juru bicara Al-Hasd Al-Syakbi, Ahmed Al-Asadi, mengatakan bahwa AS dan Israel bertanggung jawab atas tewasnya Al-Muhandis dan Soleimani.

Dilaporkan bahwa setidaknya delapan orang tewas setelah tiga rudal jatuh di Bandara Baghdad, Kamis (02/01/2020) malam. Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara pasukan Amerika dan milisi pro-Iran di Irak.

Al-Hasd Al-Syakbi mengumumkan, kepala humasnya Muhammad Al-Jabri juga tewas dalam serangan itu. Reuters mengutip dari sebuah sumber di Al-Hasd bahwa lima anggotanya dan sejumlah tamu asing terbunuh dalam serangan udara yang menargetkan dua mobil di dalam bandara Baghdad.

Sumber itu menambahkan bahwa anggota Al-Hasd Al-Syakbi yang tewas sedang menemani “tamu-tamu penting” yang baru tiba di bandara. Dua sumber di kalangan Al-Hasd Al-Syakbi mengonfirmasi dua “tamu” tewas akibat serangan itu, namun mereka menolak mengungkap identitas para tamu itu.

Laporan media lokal dan Arab mengatakan bahwa Al-Jabri sedang menyambut kedatangan tokoh-tokoh luar negeri penting di bandara Baghdad. Ia berada dalam satu mobil dengan para tamu itu saat kendaraan yang ditumpanginya dihantam rudal. Sementara Sky News Arabia melaporkan bahwa penanggung jawab urusan Irak milisi Syiah Hizbullah Lebanon termasuk korban tewas.

Suara ledakan terdengar di dekat bandara, Kamis malam, sebelum jaringan media keamanan di bawah perintah Kantor Perdana Menteri mengumumkan bahwa 3 roket Katyusha menghantam Bandara Internasional Baghdad. Roket itu jatuh di dekat terminal kargo udara. Dua kendaraan terbakar dan sejumlah orang luka-luka.

TV Iran Al-Samuria mengutip sumber keamanan yang mengatakan bahwa tentara terluka dalam ledakan itu, tetapi tidak menyebutkan kewarganegaraan mereka. kiblat.net

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: