Breaking News
Loading...

Teroris Syiah Houtsi Tawarkan Kesepakatan Pertukaran Tahanan pada Yaman
Syiahindonesia.com - Teroris Syiah Houtsi menawarkan kepada pemerintah Yaman pertukaran tahanan yang melibatkan 2.000 tahanan setelah kelompok itu secara bebas membebaskan ratusan tahanan bulan lalu, Reuters melaporkan (11/10/2019).

“Kami memberi tahu para mediator setempat bahwa kami siap melaksanakan pertukaran tahanan dalam waktu satu pekan. Kami sedang menunggu pihak lain untuk merespons,” kata ketua Komite Urusan Tahanan Houtsi, Abdul Qader Al-Murtada, seperti dikutip oleh Al Masirah TV yang dikelola oleh Houtsi.

Dia mengatakan kesepakatan akan mencakup 2.000 tahanan dalam “tahap pertama”.

Tidak ada tanggapan langsung dari pemerintah Yaman.

Houtsi bulan lalu menawarkan untuk menghentikan peluncuran rudal dan drone di Arab Saudi jika koalisinya mengakhiri serangan udara di Yaman. Mereka kemudian membebaskan ratusan tahanan dalam sebuah langkah yang disambut oleh PBB yang berusaha untuk menghidupkan kembali proses perdamaian yang macet.

Pemerintah Yaman yang didukung Saudi dan Houtsi sepakat Desember lalu untuk kesepakatan yang diperantarai PBB untuk menukar sekitar 15.000 tahanan sebagai bagian dari langkah membangun kepercayaan antara pihak-pihak yang bertikai, tetapi belum diimplementasikan.

Tawaran gencatan senjata Houtsi diperpanjang setelah gerakan itu mengklaim bertanggung jawab atas serangan 14 September terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. Riyadh menolak klaim itu dan malah menyalahkan musuh regionalnya Iran, tuduhan yang dibantah Teheran.

Koalisi belum menanggapi tawaran gencatan senjata tetapi para pejabat senior Saudi mengatakan mereka melihatnya “positif”.

(fath/arrahmah.com)

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: