Breaking News
Loading...

Gerilyawan Tak Dikenal Sergap Rombongan Milisi Syiah Al-Hasd Al-Syakbi
Syiahindonesia.com, Mosul – Kelompok gerilyawan tak dikenal, Rabu malam (06/03/2019), menyergap rombongan milisi Syiah Al-Hasd Al-Syakbi saat melintas di jalan yang menghubungkan Kirkuk-Mosul. Sedikitnya tujuh anggota milisi tewas dan 30 lainnya luka-luka.

Menurut sumber polisi dan militer Iraq yang dilansir Reuters pada Kamis (07/03/2019), serangan itu terjadi saat tiga bus yang membawa milisi Syiah yang berangkat dari Mosul melewati jalan pegunungan di dekat kota Makhmour. Rombongan tetap berada di lokasi sampai bantuan helikopter militer datang.

Para militan ini merupakan prajurit yang sedang pulang untuk berlibur setelah masa tugasnya selesai. Mereka menuju kota Tuzkurmato di dekat Kirkuk.

Polisi dan sumber-sumber medis mengatakan seluruh korban tewas dan cedera dibawa ke rumah sakit di Mosul.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Namun diduga sisa-sisa organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) di balik penyergapan ini.

Milisi Al-Hasd Al-Syakbi merupakan aliansi milisi Syiah Iraq yang terbentuk setelah ISIS merebut seperempat wilayah negara itu. Pembentukan itu atas seruan para pemimpin spiritual Syiah.

Saat ini, milisi Syiah juga mendapat dukungan Iraq itu diakui sebagai bagian tentara nasional. Mereka digaji seperti tentara reguler. Namun mereka membawa misi tersendiri di bawah komando para komandan masing-masing. Kiblat.net

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: