Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Nikahsirri.com merupakan website biro jodoh online yang kontroversial sekarang ini. Seperti apa detailnya saya berusaha mencari tahu langsung dengan mencoba mengakses websitenya. Hasilnya, website sudah kena blokir ‘internet positif’ dari kominfo. Telat tahu saya

Akhirnya saya coba cari informasi dari website portal berita online. Salahsatunya dari kumparan [dot] com. Menurut kumparan, nikahsirri.com memang sejenis biro jodoh online. Bedanya disana ada 5 service utama yaitu mencari pasangan, baik suami atau istri. Bisa juga mencari penghulu. Saya belum paham nih maksud mencari penghulu. Bukankah penghulu itu sudah ada di KUA terdekat? Kenapa mesti cari lagi? Lalu ada juga mencari saksi. Sama seperti mencari penghulu, saya juga masih belum ‘konek’ maksud dari mencari saksi. Terakhir yang menghebohkan adalah LELANG PERAWAN!

Dari bahasanya saja, ‘Lelang Perawan’, saya sudah menangkap konotasi yang nggak enak. Lebih lanjut kumparan menyampaikan bahwa nikahsirricom memiliki sistem yang dimana pasangan bisa menjadi mempelai dalam waktu yang ditentukan. Saya menangkap bahasa ‘Dalam Waktu yang ditentukan’ itu kok seperti Kaum Syiah dengan Mut’ah-nya (kawin kontrak) ya?

Lalu, persangkaan saya ini pun dikuatkan oleh pernyataan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohan Yambise. Ibu Menteri bilang, “Lelang perawan dan kawin kontrak ini adalah salah satu bentuk eksploitasi kaum perempuan. Program ini sama halnya dengan pelacuran terselubung yang dibalut dengan prosesi lelang perawan dan kawin kontrak dengan modus agama,” ujar Yohana dalam keterangan resminya sebagaimana saya kutip dari Kumparan.com

BERARTI NIKAHSIRRI.COM BENERAN SYIAH DONG?

Pada artikel di detikcom ada informasi bahwa owner dari website nikahsirri.com sebelumnya pernah tinggal di Cianjur. Entahlah, apa ini kebetulan atau bukan, tapi sebagaimana yang saya ketahui wilayah Cianjur, khususnya daerah puncak, merupakan wilayah dengan angka kawin kontrak tertinggi.

Isu yang beredar di Cianjur – Puncak banyak warga Arab yang melakukan Nikah Sirri dengan sistem kawin kontrak. Saya sendiri menyangsikan kalau pelaku lelakinya berasal dari Arab. Ada satu titik di puncak dimana kawin kontrak merajalela dan disana yang saya temui bukanlah orang-orang dari Arab melainkan orang-orang dari Iran yang mayoritas penganut Syiah.

Kembali lagi ke persoalan nikahsirri.com, saya sendiri tidak berani mengatakan kalau website dan ownernya adalah Syiah.  Hanya saja kalau lihat dari sistem pelayanannya memang sangat mirip dengan nikah mut’ah-nya kaum Syiah. Ya bisa jadi dia terinspirasi dari sana.

BENARKAH KAWIN MUT’AH DI NIKAHSIRRI.COM DIBENARKAN DALAM AGAMA?

Secara umum kawin mut’ah dalam Islam diharamkan. Memang benar awalnya sempat dibolehkan, tapi kemudian diharamkan selama-lamanya.

Dalam kitab Syarh maanil Atsar Imam Thahawi berkata,”Umar telah melarang mut’ah di hadapan para sahabat Rasulullah, dan tidak ada seorangpun yang mengingkarinya. Ini menunjukkan, bahwa mereka setuju dan menuruti apa yang telah dilarang. Dan juga bukti Ijma’ mereka atas larangan tersebut adalah, bahwa hukum tersebut telah dihapus.”

Bahkan pada masa sahabat Nabi, mereka yang melakukan kawin kontrak sudah termasuk dalam zinah dan hukumannya adalah dirajam.

Membuat biro jodoh itu sah-sah saja. Bahkan bisa menjadi berpahala karena sudah membantu memfasilitasi mereka yang ingin menikah dan menjauhi zinah. Seandainya Nikahsirri.com memperbaiki sistemnya sesuai dengan syariat Islam dan tidak melanggar aturan pemerintah saya rasa itu akan sangat bagus sekali. Mungkin saya juga mau daftar nantinya heee… Artikel oleh: Egiabdirrahman.net

0 komentar: