Breaking News
Loading...

5 Poros Syiah di Jawa Dibongkar MUI, Baca & Sebarkan!
Syiahindonesia.com - Dikabarkan ratusan orang pencari suaka tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur. Mereka mengaku berasal dari Afghanistas namun diduga mereka adalah orang-orang Syiah yang berasal dari luar negeri untuk menyusup ke Indonesia.

Hal itu diketahui melalui berbagai kejanggalan, diataranya; tidak membawa passpor, tidak membawa keluarga dan melakukan kegiatan ritual Syiah, sebagaimana dokumentasi situs Gensyiah.com. / foto Panjimas.com, Jum’at (5/12/2014).

***

berbagiinformasi.com : Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, telah memfatwakan bahwa ajaran Syiah adalah menyimpang. Untuk membekali umat dengan bahaya Syiah, MUI menerbitkan buku panduan ‘Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia’. MUI menyebutkan bahwa terdapat lima poros kegiatan Syiah di pulau jawa.

Berikut lima poros kegiatan Syiah di pulau Jawa yang disebutkan MUI dalam bukunya:

1) Poros Jakarta di Islamic Cultural Center (ICC).

Lembaga yang awalnya bernama Islamic Center Jakarta ini beralamatkan JL. Buncit Raya KV. 35, Pejaten Barat, Jaksel. Diyakini, lembaga dengan alamat website www.icc-jakarta.com itu sebagai pusat kendali operasi kegiatan Syiah di Jabodetabek, bahkan di Indonesia.

Lembaga yang digagas oleh tokoh-tokoh Syiah nasional, seperti Jalaludin Rahmat, Haidar Bagir dan Umar Shahab tersebut sering menggelar berbagai kegiatan Syiah. Di antara kegiatan yang sering digelar lembaga yang secara struktur dipimpin Mohsen Hakimollahi itu, seperti perayaan Asyura 10 Muharram, Arbain Imam Hussain dan peringatan Revolusi Iran.

Adapun di antara ustadz yang tercatat sebagai dai ICC, sebagaimana disebutkan MUI, adalah Umar Shahab, Husein Shahab, Muhsin Labib, Abdullah Beik, Mahdi Alaydrus, Musa Kadzim, Ahmad Helmi dan Salman Parisi. ICC juga memiliki tim khusus untuk menangani penyebaran ajaran mereka melalui media online.

2) Poros Pekalongan-Semarang.

Di kota batik, pusat penyebaran ajaran Syiah berada di ponpes Al-Hadi Pekalongan yang beralamat di Jl. Agus Salim, Gang 5, no.4, rt 1/3, kelurahan Klego, Pekalongan, Jawa Tengah. Meskipun pesantren tersebut telah didirikan sejak 1988, akan tetapi sebagian masyarakat tidak mengetahui keberadaan ponpes yang dipimpin oleh Ahmad Baraqbah dan Thoha Musawa itu. Tidak ada plang yang menunjukkan ponpes Al Hadi.

Sementara itu di Semarang ibukota provinsi Jawa Tengah, penyebaran ajaran Syiah berpusat di mushalla Al Husainiyah, Nurul Tsaqalain yang terletak di Jl. Boom Lama, no. 2, Semarang Utara. Bahkan, para pengikut Syiah di Semarang secara terang-terangan melaksanakan ritual shalat Jum’at ala Syiah di mushalla yang dikelola yayasan Nurut Tsaqalain pimpinan Achmad Alatas tersebut, seperti dilansir Kiblat.net

3) Poros Yogyakarta

Di kota pelajar tersebut, kegiatan ajaran Syiah difasilitasi oleh Yayasan Rausyan Fikr. Menurut MUI, yayasan Rausyan Fikr sangat aktif menggelar kegiatan-kegiatan yang bertujuan menyebarkan faham Syiah. Di Yogya juga terdapat organisasi Al Amin yang dimotori oleh para pemuda Alawiyin (Syiah). Akan tetapi, organisasi yang dibentuk dari ajang silaturrahmi antar perkumpulan Sayyid dan Syarifah itu enggan mengakui dirinya Syiah.

4) Poros Bangil dan Pasuruan Jawa Timur.

Bisa dikatakan, Bangil adalah poros utama tersebarnya faham Syiah di Indonesia. Pasalnya, hampir semua tokoh muda Syiah di Indonesia yang berusia 40-50 tahun pernah mengenyam pendidikan di ponpes YAPI (Yayasan Pendidikan Islam) Bangil, Pasuruan, Jawa Timur tersebut.

YAPI Bangil didirikan oleh Husein bin Abu Bakar Al Habsyi pada 21 Juni 1976. Tak hanya pesantren, yayasan yang pernah disinggahi ustad Mudzakir Solo itu juga menggelar pendidikan terpadu dari mulai taman kanak-kanak hinga jenjang perguruan Tinggi, Sarjana.

Di Pasuruan, poros kegiatan ajaran Syiah berada di bawah naungan yayasan Al Itrah. Yayasan yang pertama kali didirikan oleh Ali Umar Al Habsyi dan Sayyid Abdullah Al Haddad itu berdiri sejak 1996 silam. Meskipun kegiatannya sempat mati suri selama beberapa tahun, namun pada 2006 yayasan tersebut kembali aktif dan membentuk pengurusan baru di bawah pimpinan Ali Ridho Assegaf.

5)  Poros Bandung

Motor penggerak utama Syiah di kota Kembang adalah Jalaludin Rakhmat, melalui organisasi Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI). Dari semua organisasi dan lembaga Syiah di Indonesia, IJABI merupakan organisasi yang sayapnya sudah menyebar ke seluruh Indonesia, sampai tingakat kecamatan.

Selain Ijabi, di Bandung juga terdapat yayasan dan lembaga Syiah lainnya yang cukup aktif, seperti Al Jawwad dan Yayasan Sepuluh Muharram (YPM). Sementara di pendidikan, Syiah Bandung memiliki yayasan Muthahhari yang mengelola pendidikan unggulan di Bandung.

Selain menawarkan pendidikan gratis untuk warga miskin, yayasan Muthahhari juga menyelenggarakan pendidikan yang dikelola secara komersial dengan biaya yang cukup mahal. (nahimunkar)

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: