Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Iran mengirim drone yang digunakan oleh teroris Syiah Houtsi Yaman untuk menyerang Arab Saudi melalui wilayah udara Uni Emirat Arab dan Oman, sebuah organisasi intelijen Inggris mengungkapkan.

Dalam laporan yang dilansir IranWire, Penelitian Konflik Persenjataan (CAR), yang mengkhususkan diri dalam pelacakan persenjataan, mengatakan bahwa Iran mengirim pesawat tanpa awak ke Yaman melalui wilayah UEA dan Oman dan Syiah Houtsi menggunakannya untuk menyerang radar sistem pertahanan rudal Saudi.

CAR menambahkan bahwa Teheran membantu Syiah Houtsi dengan drone Qasef-1 dan Ababil-11 buatan Iran. Mereka juga memeriksa sisa-sisa drone lainnya yang digunakan untuk memukul radar sistem pertahanan rudal di Arab Saudi. Semua drone itu diproduksi Iran juga.

CAR mencatat bahwa meski biaya drone itu tidak lebih dari $10.000, tetapi mereka menyebabkan kerugian besar untuk sistem pertahanan rudal yang biayanya mencapai jutaan dolar.

CAR tegas membantah klaim Syiah Houtsi yang mengatakan bahwa drone itu adalah buatan mereka sendiri dan bukan buatan Iran.

CAR juga menegaskan bahwa Iran mengangkut drone itu ke Dubai dan kemudian Oman dan setelah itu dibawa ke Yaman, lansir MEMO (4/4/2017). (fath/arrahmah.com)

0 komentar: