Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Syi'ah Imamiyah Itsna Asyariyah adalah sekte yang mengklaim bahwa Ali adalah orang yang paling berhak memegang tampuk kekuasaan dibanding Abu Bakar, Umar dan Utsman. Disebut juga Syi'ah Imamiyah dikarenakan mereka menjadikan permasalahan imamah (kepemimpinan) adalah pokok dasar dalam beragama. Dikenal juga dengan Itsna Asyariyah (12 Imam) karena mereka menyakini dua belas imam, dan yang nomor dua belas sembunyi disirdab (semacam gua) di daerah Samara', sebagaimana klaim mereka. Sekte ini sangat menyelisihi Ahlussunnah dalam pemikiran, akidah, serta hal-hal lain yang menjadi ciri khas mereka, dan kini mereka berupaya untuk menyebarkan ajaran tersebut kepenjuru dunia.

Tokoh Penting Dalam Sekte Ini

1. Dua belas imam yang mereka klaim sebagai imam mereka. Dan kedua belas tokoh tersebut adalah :

a. Ali bin Abi Thalib ra / Al-Murtadlo (wafat 40 H)
b. Al-Hasan bin Ali bin Abi Tholib ra / Al-Mujtaba' (w 50 H)
c. Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib ra / Asy-Syahid (w 61 H)
d. Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali / As-Sajjad (w 95 H)
e. Muhammad bin Ali Zainal Abidin / Al-Baqir (w 114 H)
f. Ja'far Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir / Ash-Shodiq (w 148 H)
g. Musa bin Ja'far Shodiq / Al-Kadzim (w 183 H)
h. Ali bin Musa Al-Kadzim / Ar-Ridlo (w 204 H)
i. Muhammad Al-Jawwad bin Ali Ar-Ridlo / At-Taqi (w 220 H)
j. Ali Al-Hadi bin Muhammad Al-Jawab / An-Naqi (w 254 H)
k. Al-Hasan Al-Askari bin Ali Al-Hadi / Az-Zaki (w 260 H)
l. Muhammad Al-Mahdi bin Al-Hasan Al-Askari / dijuluki juga dengan Al-Hujjah Al-Qoimah, Al-Muntadzar. Syi'ah meyakini bahwa sosok ini bersembunyi di sirdab daerah Samara sejak kecil sampai menjelang kiamat nanti.

Syi'ah meyakini bahwa dua belas imam ini adalah ma'shum (bebas dari salah) sebagaimana para nabi. Imam-imam ini sejatinya adalah imam Ahlussunah (kecuali yang nomor 12, karena hanya tokoh fiktif semata). Akan ada bab khusus yang membuktikan bahwa mereka adalah Ahlussunnah.

2. Abdullah bin Saba', seorang Yahudi Yaman yang berpura-pura masuk islam untuk merusak islam dari dalam, dan Ali berniat menghukumnya. Sosok ini agak disembunyikan oleh kalangan Syi'ah baik Syi'ah Indonesia maupun yang lain, namun Ulama' mereka mengakui pentingnya sosok Abdullah bin Saba' ini, di antaranya adalah tokoh Syi'ah Al-Qumi.

3. Manshur Ahmad bin Abi Thalib Ath-Thobrosi (w 588 H), pengarang kitab Al-Ihtijaj.

4. Al-Kulaini, pengarang kitab hadits versi Syi'ah.

5. Haji Mirza Husain bin Muhammad Taqi An-Nuri Ath-Thobrosi (w 1320 H), ini adalah sosok yang menulis dan mengatakan bahwa Al-Qur'an yang ada saat ini telah ditambah dan dikurangi.

6. Ayatullat Al-Maqomani, ini adalah sosok yang menyebutkan Abu Bakar dan Umar sebagai berhala dan Thoghut, tertulis dalam kitabnya Tanqih Al-Maqol fi Ahwal Ar-Rijal.

7. Abu Ja'far Ath-Thusi.

8. Mula Muhsin Al-Kasyi

9. Muhammad bin Al-Hasan Al-Hur Al-Aamili

10. Muhammad Baqir Al-Majlisi

11. Fathullah Al-Kasani

12. Ibnu Abi Al-Hadid

13. Ayatullat Al-Khomaini, tokoh penting Syi'ah modern. Sosok ini banyak berkata dengan perkataan yang sesat, sebagaimana yang kami tulis di bab Inilah Khomaini. (qodisiyah)

0 comments: