Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Tak kurang dari 600 massa gabungan santri pondok pesantren Al Fattah, Natar dan umat Isalm pada Jum’at (11/11) mengadakan aksi damai untuk membela kaum muslimin di negeri Suriah, yang saat ini sedang dilanda perang berkepanjangan.

Dalam aksinya di Tugu Adipura, Tanjungkarang PGalusat, Bandarlampung, mereka menyerukan kepada kaum muslimin untuk membantu saudara seimannya di Suriah.

“Aksi damai ini untuk menggugah masyarakat lainnya untuk membantu saudara Islam di Suriah, karena di sana sebentar lagi memasuki musim hujan,” ujar Koordinator Aksi, Rustam Efendi.

Rustam menambahkan, aksi ini sekaligus sebagai penggalangan dana untuk membantu para pengungsi dan korban perang di Suriah.

Sementara itu, salah satu orator, Yusron Darojat dengan berapi-api mengutuk pihak pihak yang menyebabkan perang di Suriah menjadi perang yang berkepanjangan. Selain itu, ia juga menjelaskan kondisi terkini di Suriah.

“Saudara kita se-Islam se-Iman di sana sedang dilanda kesusahan, mereka kedinginan karena masuk musim dingin, sementara tidak ada sesuatu pun yang bisa digunakan untuk menghangatkan diri,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa sedikitnya 2,3 juta kaum muslimin di sana sedang mengalami kondisi yang payah dan susah. Di sisi lain, mereka juga diharuskan menjaga imannya lantaran ada pihak pihak yang memaksa mereka keluar dari keimanannya.

Pantauan di lapangan, 600 santri ini datang dari Natar sekitar pukul 11.00 wib dan melaksanakan shalat Jum’at di Islamic Centre, Rajabasa, Bandarlampung. Setelah itu mereka bertolak ke Lapangan Gatam, Saburai kemudian berjalan menuju Tugu Adipura.

Kapolresta Bandarlampung AKBP Murbani Budi Pitono sempat terlihat di tempat aksi. 100 anggota gabungan dari Polresta dan juga Polsekta Tkb dikerahkan agar aksi berlangsung kondusif. (kiblat)

0 comments: