Breaking News
Loading...

illustrasi pejuang suriah
Syiahindonesia.com - Kelompok pejuang Suriah telah merebut sebuah kota strategis di provinsi Hama utara dalam serangan besar di kota-kota yang dihuni minoritas Kristen dan Syiah Alawi loyalis rezim Nushariyah Assad di utara ibukota provinsi, kelompok pejuang dan monitor melaporkan Selasa (30/08/2016), lansir Al Arabiya News Channel.

Kota Halfaya diserbu pada hari Senin setelah faksi jihad Suriah Jund al-Aqsha dan brigade Tentara Pembebasan Suriah semalam meluncurkan pertempuran menyerbu beberapa pos pemeriksaan tentara dan pro-rezim di utara pedesaan Hama.

Kota, yang terletak dekat jalan utama yang menghubungkan daerah pesisir dengan jalan raya Aleppo-Damaskus hanya berada beberapa kilometer dari kota Kristen bersejarah Mahrada ke barat.

“Kita sekarang membersihkan kota setelah membebaskannya dari rezim dan akan memberikan lebih banyak kejutan,” kata Abu Kinan, seorang komandan Jaish al Ezza, sebuah faksi pejuang Suriah yang bertempur di kota.

Pertahanan rezim Assad yang runtuh dengan cepat memudahkan para pejuang Suriah mengambil kontrol beberapa desa termasuk Buwaydah, Zalin dan Masassnah. Mereka menargetkan Taybat al Imam di sebelah timur Halfaya.

Serangan itu membawa para pejuang lebih dekat dengan kubu tentara Soran, gerbang utara tentara ke kota Hama, ibukota provinsi.

Sebuah sumber militer rezim Assad mengatakan serangan udara yang dilakukan oleh rezim menargetkan para pejuang Oposisi Suriah dan tidak membantah bahwa Halfaya telah jatuh ke para pejuang oposisi. Situs pro-rezim Syiah Assad mengatakan tentara telah mengirimkan bala bantuan ke kota-kota ini.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, yang mengkonfirmasi jatuhnya kota, mangatakan bahwa jet yang diyakini milik rezim Suriah menyerang pos-pos pejuang oposisi di daerah.

Faksi jihad Jund al-Aqsha mengerahkan pasukan bom istisyhad menyerbu pos pemeriksaan militer Assad.

Jaish al Ezza dalam sebuah pernyataan mengancam untuk menyerang pembangkit listrik Mahrada di dekat kota, yang merupakan salah satu pembangkit listrik terbesar Suriah.

Serangan tentara rezim Suriah yang didukung oleh serangan udara berat Rusia untuk merebut kembali wilayah dari mujahidin Suriah di pedesaan Hama belum mencapai keberhasilan.

Kemenangan terbaru akan mengkonsolidasikan faksi-faksi pejuang Suriah yang pada akhir tahun lalu merebut kota strategis Morek, yang terletak di utara kota Hama pada jalan raya utama utara-selatan penting untuk mengendalikan Suriah barat. (jurnalislam)

0 comments: