Breaking News
Loading...


Syiahindonesia.com - Kelompok sesat Syiah Hizbullah di Libanon pada Senin (14/10) menguburkan seorang komandan dan tokoh militer paling penting yang tewas dalam perang Suriah.

Hassan al-Haj tewas di provinsi Idlib di sebelah barat laut Suriah. Di wilayah ini, Hizbullah yang didukung Iran memerangi kelompok mujahidin Suriah yang menentang rezim Syiah Bashar al-Assad dan mendukung serangan udara Rusia.

Dia dimakamkan dengan penghormatan militer di desa Libanon selatan, al-Luwaizeh pada Senin. Jenazah ditempatkan di peti mati yang dibungkus oleh bendera Syiah Hizbuullah berwarna kuning, dan digotong oleh sejumlah anggota Hizbullah dengan seragam militer yang berjalan perlahan dengan iringan bunyi terompet yang melantunkan nada sedih.

Diperkirakan, ratusan anggota Syiah Hizbullah yang tewas dalam konflik Suriah telah berlangsung selama empat tahun.

"Dia adalah petinggi (Syiah Hizbullah) yang paling penting yang tewas dalam pertempuran di Suriah dan sudah di sana sejak awal perang," kata seorang pejabat senior Libanon, yang tak diketahui identitasnya, dikutip dari Reuters.

Mayatnya kemudian dimakamkan di kampung halamannya di al-Luwaizeh, wilayah Tuffah, dan dihadiri ribuan warga.

"Anda bukan hanya pejabat, atau hanya seorang direktur atau kepala operasi. Anda adalah pemimpin berkualitas, menjadi contoh dan model untuk semua saudara Anda dan para tentara tercinta," kata pemimpin senior Syiah Hizbullah, Sayyed Hashem Safieddin dalam pidato yang disiarkan saluran TV Hizbullah, al-Manar.

Januari lalu, serangan helikopter Israel menewaskan enam anggota Hizbullah termasuk seorang komandan, Mohamad Issa, anak dari komandan militer dan pemimpin Hizbullah sebelumnya, Imad Moughniyah. (nisyi/syiahindonesia.com)

0 comments: