Breaking News
Loading...

 12 Orang Tewas dalam Demo Ricuh Usai Ulama Syiah Mundur dari Politik Irak

Sebanyak 12 pengunjuk rasa tewas setelah pendukung ulama Moqtada Sadr menyerbu istana pemerintah di Zona Hijau Baghdad, Irak Senin waktu setempat. Penyerangan dilakukan setelah pemimpin Syiah yang kuat itu menyatakan berhenti dari politik di Irak.

Dilansir AFP, Selasa (30/8/2022) kontributor melaporkan tembakan ditembakkan di daerah berbenteng yang menampung gedung-gedung pemerintah serta misi diplomatik ketika ketegangan meningkat. Petugas medis mengatakan kepada AFP bahwa 12 pendukung Sadr telah ditembak mati dan 270 pengunjuk rasa lainnya terluka. Sedangkan beberapa orang dengan luka tembak menderita karena menghirup gas air mata.

Sebelumnya, dilansir dari Associated Press, Senin (29/8/2022), para pengunjuk rasa yang setia kepada ulama Muqtada al-Sadr merobohkan penghalang di luar istana pemerintah dengan tali dan menerobos gerbang istana. Banyak yang bergegas ke aula marmer istana yang merupakan tempat pertemuan utama bagi para kepala negara Irak dan pejabat asing.

Militer Irak mengumumkan jam malam di seluruh negara dan perdana menteri sementara menangguhkan sesi Kabinet sebagai tanggapan atas kerusuhan tersebut. Para pejabat medis mengatakan sedikitnya 15 pengunjuk rasa terluka oleh tembakan dan selusin lainnya terluka oleh gas air mata dan bentrokan fisik dengan polisi antihuru-hara.

Pemerintah Irak menemui jalan buntu sejak partai al-Sadr memenangkan kursi terbesar dalam pemilihan parlemen Oktober, tetapi tidak cukup untuk mengamankan pemerintahan mayoritas. Penolakannya untuk bernegosiasi dengan saingan Syiah yang didukung Iran dan keluar dari perundingan telah melambungkan negara itu ke dalam ketidakpastian politik di tengah meningkatnya perselisihan intra-Syiah.

Untuk memajukan kepentingan politiknya, al-Sadr telah membungkus retorikanya dengan agenda nasionalis dan reformasi yang bergema kuat di antara basis akar rumputnya yang berasal dari sektor masyarakat termiskin Irak dan secara historis telah dikucilkan dari sistem politik. Mereka menyerukan pembubaran parlemen dan pemilihan awal tanpa partisipasi kelompok-kelompok yang didukung Iran, yang mereka anggap bertanggung jawab atas status quo.
Suara tembakan sempat terdengar di ibu kota Irak dan beberapa pengunjuk rasa yang berlumuran darah tampak dievakuasi. Seorang pejabat medis senior mengkonfirmasi setidaknya lima pengunjuk rasa tewas oleh tembakan.

Protes juga pecah di provinsi selatan mayoritas Syiah dengan pendukung al-Sadr membakar ban dan memblokir jalan di provinsi kaya minyak Basra dan ratusan berdemonstrasi di luar gedung gubernur di Missan. Iran menganggap ketidakharmonisan intra-Syiah sebagai ancaman terhadap pengaruhnya di Irak dan telah berulang kali berusaha untuk menengahi dialog dengan al-Sadr.

Sumber : Detikcom




************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: