Breaking News
Loading...

AS Dan Turki Berupaya Mencegah Rezim Syiah Asad Merebut Seluruh Negeri


Syiahindonesia.com -
Mantan utusan khusus AS untuk Suriah, James Jeffrey, mengklaim bahwa tujuan kehadiran militer AS di Suriah tidak terbatas untuk memerangi ISIS, melainkan untuk mencegah pemerintah negara itu mengontrol seluruh wilayahnya.

Jeffrey, yang meninggalkan jabatannya bulan lalu, mengakui, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Ahad (6/12/2020) oleh surat kabar Times of Israel, ketidakmampuan pemerintah AS untuk mencapai tiga tujuan utama di Suriah, yaitu untuk memastikan penarikan semua pasukan Iran dari negara tersebut, mengalahkan ISIS sepenuhnya, dan menemukan solusi politik untuk konflik tersebut, yang memasuki tahun kesepuluh.

Menurut Jeffrey, apa yang berhasil dicapai AS adalah mencegah pasukan rezim Asad merebut kembali seluruh negeri, lansir AMN (7/12).

Mengomentari pernyataan sebelumnya tentang timnya yang menyembunyikan jumlah sebenarnya dari kehadiran militer AS di Suriah dari Gedung Putih, Jeffrey menekankan bahwa dia tidak pernah menyesatkan Trump dalam hal ini.

Diplomat veteran itu mengatakan bahwa pasukan AS dan koalisi internasional yang dipimpin oleh mereka di Suriah “tidak hanya memerangi ISIS tetapi juga mencegah Asad mendapatkan tanah,” menambahkan bahwa pasukan Turki melakukan hal yang sama di Suriah utara.

Dia melanjutkan bahwa jika Amerika Serikat gagal mencapai solusi kompromi yang mencakup penarikan Iran dari Suriah, maka “strategi sementara harus diterapkan untuk mencegah mereka menang.”

Jeffrey membela serangan “Israel” di Suriah, mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk menghentikan operasi ini adalah penarikan pasukan yang didukung Iran dan Iran dari Suriah, menganggap ini permintaan bukan untuk diskusi.

Dia menjelaskan, “Beberapa operasi dilakukan di Suriah dan Irak melawan pasukan Iran dan Suriah, dan ini tidak memengaruhi kampanye kami melawan ISIS.”

Menanggapi pertanyaan tentang sejauh mana kontribusi “Israel” dalam perang melawan ISIS, Jeffrey berkata: “‘Israel’ memainkan peran besar, tetapi sebagian besar informasi tentangnya dirahasiakan.” (haninmazaya/arrahmah.com)



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: