Breaking News
Loading...

Empat Orang Ditembak Mati Dalam Demo Pendukung Ulama Syiah


Syiahindonesia.com, Baghdad –
Empat orang ditembak mati dan puluhan lainnya luka-luka di selatan Irak pada Jumat, kata petugas medis, dalam bentrokan antara pengunjuk rasa anti-pemerintah dan pendukung ulama Syiah Moqtada Sadr.

Kekerasan meletus ketika puluhan ribu pendukung Sadr turun ke jalan di Baghdad dan kota selatan Nasiriyah untuk unjuk kekuatan saat persiapan untuk pemilihan parlemen bulan Juni meningkat.

Jumlah pemilih mereka membayangi gerakan saingan yang didominasi pemuda yang meletus pada Oktober 2019 tetapi telah mereda dalam beberapa bulan terakhir karena ketegangan geopolitik dan pandemi virus corona.

Perdana Menteri Mustafa al-Kadhemi telah menyerukan agar pemungutan suara lebih awal dilakukan pada Juni 2021, hampir setahun lebih cepat dari jadwal, untuk memenuhi permintaan utama dari gerakan protes tahun lalu, yang juga termasuk pendukung Sadr.

Pada hari Jumat, pengikut ulama menyerang kamp tenda pengunjuk rasa anti-pemerintah di Lapangan Habboubi Nasiriyah, kata Mohammad al-Khayyat, seorang pemimpin gerakan anti-pemerintah.

“Orang-orang Sadrist bersenjatakan senjata dan pistol datang untuk mencoba membersihkan tenda kami. Kami khawatir akan terjadi lebih banyak kekerasan,” kata Khayyat kepada Agence France-Presse (AFP).

Sumber medis mengatakan kepada AFP bahwa kekerasan itu telah menewaskan empat orang dan melukai 51 lainnya, sembilan di antaranya oleh tembakan.

Seorang reporter AFP melihat sisa-sisa kamp anti-pemerintah yang dibakar di Habboubi, tempat kekacauan melanda. indonesiainside.id



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: