Breaking News
Loading...

Khamenei Disebut Mirip Mantan Diktator Iran
Syiahindonesia.com - Pemimpin oposisi Iran menyebut Khamenei sebagai seorang diktator, mirip seperti mendiang pemimpin Iran yang digulingkan pada 1978, Reza Pahlavi.

Mirhossein Mousavi, pemimpin oposisi Iran menyebut, Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei serupa dengan Shah Mohammad Reza Pahlavi, raja yang lengser keprabon pasca-revolusi 1979. Pernyataan Mousavi tersebut menyusul tindakan keras pemerintah kepada para demonstran Iran.

Dalam unggahannya di situs web oposisi Kaleme, ia menyinggung pembantaian 1978 yang menyatukan masyarakat untuk bersama-sama menggulingkan Reza Pahlavi. Sosok Pahlavi sendiri memang relatif kontroversial. Kendati di bawah kepemimpinannya dulu, Iran berhasil memasuki masa “Revolusi Putih”, yang ditengarai dari pembangunan jalan, bandara, jalur kereta, serta beberapa proyek pembangunan bendungan dan irigasi, namun ia tetap banjir kritikan.

Pada medio 1970-an, Pahlavi berhasil mengantar ekonomi Iran pada tingkat pertumbuhan ekonomi yang menakjubkan, bahkan setingkat dengan Korea Selatan (Korsel), Turki, hingga Taiwan, dan diprediksi bakal menjadi negara Dunia Pertama secepatnya. Ia sukses memfasilitasi pengembangan perusahaan produsen mobil raksasa yang digawangi Khayami Bersaudara. Perusahaan tersebut mampu memompa 136.000 unit saban tahun. matamatapolitik.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: