Breaking News
Loading...

Demo di Negara Syiah Iran, 106 Orang Tewas
Syiahindonesia.com - Aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan di negara Syiah Iran mengakibatkan sebanyak 106 orang Syiah tewas di 21 kota di Iran. Demo berujung kerusuhan itu merupakan upaya penolakan warga Syiah Iran soal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Laporan jumlah korban tewas itu diungkapkan oleh Amnesty International. “Organisasi kami yakin bahwa jumlah korban tewas sebenarnya mungkin jauh lebih banyak, dengan beberapa laporan menyatakan sebanyak 200 orang telah tewas,” ungkap pernyataan Amnesty, seperti dilansir Reuters pada Rabu (20/11/2019).

Pengunjuk rasa menentang kebijakan pemerintah Syiah Iran yang menjatah dan menaikkan harga BBM hingga 50%.

Pemerintahan Syiah Iran dibawah Presiden Hassan Rouhani mengumumkan pada Jumat (15/11/2019) bahwa harga satu liter BBM naik menjadi 15.000 rial (Rp5.000) dari 10.000 rial (Rp3.300) dan setiap satu mobil pribadi hanya mendapat 60 liter BMM per bulan. Jika beli lebih dari 60 liter maka harganya menjadi 30.000 rial (Rp10.000) per liter.

Kebijakan oleh dewan ekonomi itu memicu kemarahan warga di penjuru negeri. Warga Syiah Iran telah menghadapi tekanan ekonomi sejak tahun lalu saat Presiden Amerika Serikat (AS) mengeluarkan Washington dari kesepakatan nuklir Iran dan menerapkan kembali sanksi pada Teheran.

Kebijakan AS menerapkan tekanan maksimal pada Iran telah berdampak besar pada pendapatan minyak negara itu. Kini ekonomi Iran mengalami resesi dan nilai mata uangnya mengalami penurunan. mata-media.net

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: