Breaking News
Loading...

Bolton: Kapal Tanker Iran di Pelabuhan Suriah
Syiahindonesia.com - Tanker minyak Iran Adrian Darya, yang masuk daftar hitam Washington, telah tiba di pelabuhan Tartus di Suriah, kata penasihat keamanan nasional AS John Bolton.

“Siapa pun yang mengatakan Adrian Darya-1 tidak menuju ke Suriah menyangkal,” kata Bolton dalam tweet Jumat malam (6/9/2019) dengan gambar satelit yang katanya menunjukkan kapal berlabuh dua mil laut dari Tartus.

“Teheran berpikir lebih penting untuk mendanai rezim Asad yang membunuh daripada menyediakan bagi rakyatnya sendiri. Kita dapat bernegosiasi, tetapi Iran tidak akan bebas dari sanksi sampai negara itu berhenti berbohong dan menyebarkan teror!”

Situs Tanker Trackers juga menunjukkan Adrian Darya berada di dekat Tartus.

Namun tidak ada konfirmasi bahwa kapal, yang membawa 2,1 juta barel minyak bernilai sekitar $ 140 juta, sedang menurunkan muatannya.

Situs berita Middle East Eye mengatakan pada hari yang sama (6/9) bahwa kapal tanker itu telah mengirim minyak ke Suriah, dengan satu sumber mengutip mengatakan 55% dari muatannya diturunkan pada Kamis malam (5/9).

Adrian Darya telah ditahan selama enam minggu di wilayah Gibraltar oleh Inggris karena dicurigai akan mengirimkan minyak dari Iran ke sekutu utama Arabnya, Suriah – pelanggaran sanksi Uni Eropa terhadap rezim berkepala besi Presiden Bashar Asad.

Gibraltar melepaskan kapal, yang sebelumnya disebut Grace 1, pada 18 Agustus atas protes AS setelah menerima jaminan tertulis bahwa kapal tidak akan menuju ke negara-negara yang ada di bawah sanksi Uni Eropa.

Teheran kemudian membantah telah membuat janji tentang tujuan kapal, yang telah sulit dipahami sejak meninggalkan Gibraltar.

Ketegangan antara musuh bebuyutan Iran dan AS telah melonjak sejak Mei tahun lalu ketika Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 antara Teheran dan negara-negara besar, dan mulai menerapkan kembali sanksi yang telah melumpuhkan ekonominya.

Pemerintah Eropa telah menolak untuk mengikuti garis keras administrasi Trump terhadap Teheran, alih-alih berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir dengan menemukan mekanisme untuk mengatasi sanksi AS.

Namun Uni Eropa dan AS telah mengadopsi serangkaian sanksi terhadap Suriah, termasuk embargo minyak. (Althaf/arrahmah.com)

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: