Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Pihak berwenang di Argentina telah memerintahkan pembekuan aset kelompok Syiah Hizbullah di negara itu dan secara efektif menunjuk kelompok asal Lebanon - yang dituduh melakukan dua serangan di tanahnya - sebagai sebuah organisasi teroris.

Pengumuman pada hari Kamis kemarin bertepatan dengan kunjungan Sekretaris Negara Amerika Serikat Mike Pompeo, ketika Argentina menandai peringatan 25 tahun pemboman mematikan sebuah pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires di mana 85 orang tewas.

Argentina menyalahkan Iran dan Hizbullah atas serangan tahun 1994 itu, tetapi keduanya menyangkal bertanggung jawab apa pun. Argentina juga menyalahkan Hizbullah atas serangan 1992 terhadap kedutaan Israel di Buenos Aires yang menewaskan 29 orang.

Investigasi negara terhadap bom truk yang menargetkan Asosiasi Mutual Israelite Argentina (AMIA) telah membuat sedikit kemajuan. Tidak ada yang dibawa ke pengadilan dalam kasus itu atau pemboman kedutaan.

Unit informasi keuangan Argentina memerintahkan pembekuan aset untuk anggota Hizbullah dan organisasi secara keseluruhan sehari setelah negara itu membuat daftar baru untuk orang-orang dan entitas yang terkait dengan terorisme.

"Saat ini, Hizbullah terus mewakili ancaman terhadap keamanan dan integritas tatanan ekonomi dan keuangan Republik Argentina," kata unit itu dalam sebuah pernyataan.

Pembekuan aset secara otomatis menempatkan Hizbullah ke dalam daftar hitam Argentina, menunjuknya sebagai organisasi "teroris", kata sumber pemerintah dengan pengetahuan langsung tentang tindakan yang dikonfirmasi oleh kantor berita Reuters.

Penunjukan kelompok Hizbullah sebagai teroris adalah yang pertama oleh negara mana pun di Amerika Latin. Voa-islam.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

0 komentar: