Breaking News
Loading...

Artileri Assad Hantam Yordania, Menlu Ayman: Pasukan Kami Siap Bela Negara
Syiahindonesia.com - Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengatakan pada hari Rabu (4/7/2018) bahwa puluhan truk sedang menunggu izin Suriah untuk memasok bantuan kemanusiaan dari Yordania ke Suriah.

Safadi berbicara pada konferensi pers menyusul pembicaraan dengan timpalannya dari Rusia, Sergey Lavrov di Moskow, lansir Aljazeera.

Setelah serangan artileri menghantam wilayah Yordania dari Suriah, ia mengatakan pasukan bersenjata Yordania siap untuk membela kepentingan negara mereka.

Amman telah menutup perbatasannya untuk gelombang pengungsi baru dari Deraa, karena tidak dapat menampung warga Suriah tambahan.

Yordania saat ini menampung lebih dari 650.000 dari 5,2 juta pengungsi Suriah yang tersebar di seluruh wilayah itu, menurut badan pengungsi PBB (UNHCR).

Namun, pemerintah Yordania menyatakan jumlah 1,3 juta, karena UNHCR hanya menghitung pengungsi yang terdaftar, sedangkan Amman menghitung juga warga Suriah yang belum menerima suaka PBB.

PBB telah mengirimkan bantuan kemanusiaan selama dua bulan terakhir dan telah membantu menyediakan pasokan penting seperti makanan, air, sabun dan peralatan medis dengan persediaan tambahan yang disiapkan jika terjadi eskalasi lebih lanjut dalam konflik.

Anak-anak berisiko terkena dehidrasi dan diare, kata Pederson.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa menegaskan kembali kesiapannya untuk membantu sebanyak yang diperlukan tetapi, pada saat yang sama, juga mengingatkan semua pihak yang bertanggung jawab bahwa keefektifan kita tergantung pada fasilitasi penyediaan bantuan kemanusiaan dan perlindungan kepada orang-orang yang membutuhkan, sejalan dengan ‘Kewajiban pihak-pihak yang bertikai di bawah hukum humaniter internasional,” tulis Pederson.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa mengingatkan semua negara dan pihak-pihak yang terlibat dalam konflik bahwa penundaan dalam menanggapi krisis kemanusiaan yang memburuk hanya akan membawa hasil yang menghancurkan.”

Sejak perang di Suriah dimulai pada tahun 2011, Yordania, Turki dan Libanon telah memikul banyak tanggung jawab dalam menampung pengungsi Suriah.

Perhatian PBB muncul ketika Safadi dan Lavrov bertemu pada hari Rabu untuk membahas situasi di Deraa, yang terletak di dekat perbatasan Yordania.

Safadi mengatakan kepada Lavrov bahwa dialog politik dan gencatan senjata merupakan prioritas bagi Suriah selatan di mana ia mengatakan bencana kemanusiaan berisiko terungkap.

Deraa terletak di salah satu dari empat “zona de-eskalasi”, sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata yang dipimpin Rusia untuk wilayah yang dikuasai oposisi. Rusia, Turki dan Iran menandatangani perjanjian pada 2017 sebagai penjamin.

Laporan reporter Al Jazeera Rory Challands dari Moskow mengatakan bahwa ketika Safadi tiba di Moskow dengan harapan bisa membujuk Lavrov menerapkan semacam gencatan senjata, “dia tampaknya berhasil.”

Lavrov dan Safadi memutuskan dalam pertemuan untuk memenuhi perjanjian zona de-eskalasi, tetapi Lavrov juga menambahkan bahwa perang melawan “oposisi bersenjata” di Suriah selatan tetap menjadi prioritas karena mereka mengendalikan sekitar 40 persen, kata Challands.

“Tidak tampak bagi saya bahwa Rusia bersedia mundur dan ada alasan bagus untuk itu. Ini adalah taktik yang telah berhasil di tempat lain di Suriah,” kata Challands.

“Kami melihatnya di Aleppo timur dan di Douma – dimana mereka sukses di kedua tempat itu dalam memenangkan wilayah kembali untuk pemerintah Suriah. Ada serangan militer besar-besaran di masing-masing tempat, pemboman udara Rusia besar-besaran yang menambah menciptakan krisis kemanusiaan di darat, yang pada gilirannya memberi lebih banyak tekanan pada kelompok oposisi di daerah tersebut.

“Rusia kemudian mengatakan kepada kelompok oposisi bahwa mereka harus meletakkan senjata dan menyerah atau mengosongkan daerah-daerah ini menuju daerah lain di Suriah. Itu adalah sesuatu yang kita lihat dimainkan lagi di Deraa; ini berhasil bagi mereka sebelumnya dan itu bisa berhasil untuk mereka di sini juga.” Jurnalislam.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: