Breaking News
Loading...

Bahas Syiah dari Pelbagai Aspek, Forpemi-MIUMI Sulsel Hadirkan Ust. Syamsuddin Arif
Syiahindonesia.com, Makassar -- Forum Penggiat Media Islam (Forpemi) bekerjasama dengan Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Sulawesi Selatan, akan menggelar Dialog Keislaman “Syiah Ditinjau Dari Pelbagai Aspek” di redaksi Koran Harian Amanah, Jalan Padjonga Daeng Ngalle 31 (Eks Jalan Kakaktua), Kota Makassar, Jumat (12/1/2018).

Menghadirkan peneliti dari Institute for the Study of Islamic Thought anda Civilizations (INSISTS), DR Syamsuddin Arif. Dialog ini akan dimulai setelah shalat Ashar sampai selesai.

Ustadz Ilham Kadir selaku pembina Forpemi, yang juga pengurus MIUMI Sulsel, mengatakan kesempatan yang sangat berharga untuk dapat menggelar dialog bertemakan masalah pemahaman Syiah dengan menghadirkan langsung Syamsuddin Arif lantaran wawasannya yang sangat luas akan diskursus itu.

“Apalagi beliau baru-baru ini telah menerbitkan buku berjudul “Bukan Sekadar Mazhab Oposisi dan Heterodoksi Syiah”, sehingga dialog yang akan kita akan adakan ini sangat tepat,” ujar alumnus Universitas Ibn Khaldun, Bogor Jawa Barat, itu, Kamis (11/1/2018).

Ilham menyebut, Syamsuddin Arif itu termasuk cendekiawan Muslim yang langka. Betapa tidak, menurut pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Enrekang tersebut, Syamsuddin Arif selain menguasai bahasa Arab dan Inggris dengan fasih, baik lisan maupun tulisan, ia juga menguasai bahasa Latin dan Yunani.

“Jadi, jika berbicara tentang problematika di kancah nasional dan internasional, Insya Allah, beliau sangat paham dan mendalami,” jelasnya.

Syamsuddin Arif lahir di Jakarta 19 Agustus 1971. Putra asli suku Betawi itu menghabiskan masa kecilnya di Jakarta.  Lulus dari SD, kemudian melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Tamat KMI Gontor 1989, ia mengaji dan mengabdi di Majlis Qurra` wa Al Huffaz di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, selama dua tahun. Lalu menempuh program sarjana (S1) di Universitas Islam Antar Bangsa (UIA) Malaysia, jurusan komunikasi.

Sebelum menyandang gelar doktor dari di Orientalisches Seminar, Johann Wolfgang Goethe Universitat Frankfurt, Jerman, Syamsuddin Arif menyelesaikan Pendidikan strata duanya di International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) Malaysia.

Adapun Forpemi sebagai pelaksana kegiatan, merupakan wadah berhimpun penggiat media Islam di Sulawesi Selatan. Terbentuk sejak dua tahun lalu, dan telah aktif menggelar training kejurnalistikan dan diskusi jurnalistik perspektif Islami. Harianamanah.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: