Breaking News
Loading...

Ilmuwan Nuklir Iran Dimakamkan, Pelayat Terbatas, Teheran Berjanji Melipatgandakan Program Nuklir


Syiahindonesia.com, TEHERAN -
Pemakaman ilmuwan nuklir Iran sebagai "martir' top dihadiri para pelayat dengan jumlah terbatas pada Senin (30/11/2020).

Iran berjanji untuk melipatgandakan pekerjaannya setelah pembunuhan yang disematkan pada musuh bebuyutan Israel.

Mohsen Fakhrizadeh meninggal pada Jumat (28/11/2020) karena luka-lukanya setelah penyerang menargetkan mobilnya dan terlibat baku tembak dengan pengawalnya di luar ibu kota.

Dilansir AFP, hal itu meningkatkan ketegangan sekali lagi antara Teheran dan musuh-musuhnya.

Televisi pemerintah menunjukkan beberapa pejabat tinggi Iran berduka atas kematian ilmuwan nuklir pada upacara tersebut, termasuk Menteri Pertahanan Amir Hatami dan Kepala Pengawal Revolusi Hossein Salami.

Pemakaman, diadakan di kementerian, berlangsung dengan lancar dengan memuji Fakhrizadeh dan menyinggung kemartiran Imam Hossein, tokoh suci abad ke-7 yang dihormati dari inspirasi Muslim Syiah.

"Jika musuh kita tidak melakukan kejahatan keji ini dan menumpahkan darah martir kita yang terkasih, dia mungkin tetap tidak diketahui," kata Hatami dalam pidatonya.

"Tapi hari ini, dia yang hanya menjadi idola bagi [...] murid dan kolega, diperkenalkan ke seluruh dunia," tambahnya.

Dia mengatakan akan menjadi inspirasi bagi semua yang memulai jalan untuk bertarung.

"Musuh harus tahu, bahwa ini adalah kekalahan pertama mereka," katanya.

Hatami mengatakan setelah kematian ilmuwan itu bahwa Fakhrizadeh adalah salah satu deputinya dan mengepalai Organisasi Riset dan Inovasi Pertahanan kementerian, dengan fokus pada bidang pertahanan nuklir.

Dalam pidatonya, dia mengatakan pemerintah telah memutuskan untuk menggandakan anggaran organisasi untuk melanjutkan jalur Fakhrizadeh "dengan penuh semangat.

Sebuah tampilan besar menunjukkan gambar Fakhrizadeh di sebelah pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, serta mantan jenderal tinggi Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan udara Januari oleh AS di Baghdad.

Sekitar pukul 11.30 siang, peti mati ilmuwan itu dimakamkan di Imamzadeh Saleh.

Sebuah tempat suci Syiah penting di Teheran utara di mana dua ilmuwan nuklir lainnya yang terbunuh dimakamkan pada tahun 2010 dan 2011.

Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh musuh bebuyutan Israel bertindak sebagai "tentara bayaran" AS, menyalahkannya atas pembunuhan Fakhrizadeh.

Pemimpin tertinggi Khamenei telah menyerukan agar para pelakunya dihukum.

Pembunuhan itu telah menyebabkan tuntutan tanggapan yang kuat dari kepemimpinan Iran dan seruan oleh beberapa orang untuk menghindari negosiasi potensial dengan Amerika Serikat.

Bahkan ketika kepresidenan hawkish Donald Trump akan segera berakhir.

Parlemen Iran pada Minggu (29/11/2020) menuntut penghentian inspeksi situs nuklir internasional di negara itu.

Sebuah langkah yang dapat menjadi pukulan fatal bagi kesepakatan nuklir yang disetujui Republik Syiah dengan kekuatan dunia pada tahun 2015.

Kepala dewan kemanfaatan Mohsen Razai mengisyaratkan Iran harus meninggalkan perjanjian non-proliferasi global.

Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran pada 2018 dan mulai memberlakukan kembali dan memperkuat sanksi yang melumpuhkan.

Tetapi Presiden terpilih AS Joe Biden telah berjanji untuk kembali ke diplomasi.

Rouhani telah menekankan bahwa negaranya akan membalas dendam atas pembunuhan itu pada waktu yang tepat dan tidak akan tergesa-gesa ke dalam jebakan.

Amerika Serikat memberikan sanksi kepada Fakhrizadeh pada tahun 2008 untuk aktivitas dan transaksi yang berkontribusi pada pengembangan program nuklir Iran.

Pemakaman itu tidak dibuka untuk umum untuk menjaga protokol kesehatan atas pandemi virus corona baru, kata kementerian pertahanan.

Sebagai bagian dari prosesi sebelum pemakaman, jenazah Fakhrizadeh dibawa pada Sabtu dan Minggu ke tempat suci Syiah di timur laut kota Masyhad dan Qom di Iran tengah.

Serta tempat suci pendiri republik Syiah, Ruhollah Khomeini di Teheran. .

Iran telah menanggapi penarikan AS dari kesepakatan 2015 dengan secara bertahap meninggalkan sebagian besar komitmen nuklir utamanya berdasarkan perjanjian tersebut.

Beberapa orang mengatakan kita bisa membuat musuh tidak memiliki permusuhan (terhadap kita) melalui pengambilan. Itu tidak mungkin," kata perwakilan pemimpin tertinggi di kementerian pertahanan, Ziaodin Aghajanpour, berdiri di samping peti mati Fakhrizadeh.

"Mengapa? Karena musuh bertentangan dengan basis sistem republik Syiah," tambahnya.

Dia menekankan bahwa musuh Iran tidak akan pernah menghentikan permusuhan mereka. aceh.tribunnews.com



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: