Breaking News
Loading...

"Ayatullah" Syiah Mohammad Ali Taskhiri Meninggal

Syiahindonesia.com - Ayatullah Mohammad Ali Taskhiri, Ketua Dewan Tinggi Forum Pendekatan Antarmazhab dan Penasihat Rahbar urusan Dunia setelah dirawat di sebuah rumah sakit di Tehran akibat penyakit jantung yang dideritanya meninggal dunia pada hari Selasa (18/08/2020) di usia 76 tahun.

Ayatullah Mohammad Ali Taskhiri lahir di Najaf Asyraf pada tahun 1944 di sebuah keluarga yang religius dan di samping pendidikan dasar, menengah dan universitas (di Fakultas Fikih Najaf Asyraf), ia menyelesaikan pendidikan hauzah ilmiah hingga tingkat ijtihad di Najaf Asyraf. Ayatullah Taskhiri sempat belajar kepada para ulama besar seperti Ayatullah Sayid Muhammad Baqir Sadr, Ayatullah Khu'i, Ayatullah Sayid Muhammad Taqi Hakim dan Ayatullah Syeikh Javad Tabrizi.

Ayatullah Taskhiri kemudian melanjutkan kegiatan ilmiahnya sejak tahun 1971 di Hauzah Ilmiah Qom, Iran.

Ayatollah Taskhiri adalah salah satu tokoh ilmiah dan budaya dunia yang selalu berusaha memperkenalkan Syiah dan menciptakan pemahaman dan empati di antara umat Islam dan memberikan layanan berharga bagi Islam dan Syiah di bidang ini.

Partisipasi dalam puluhan konferensi ilmiah di berbagai negara sebagai penyelenggara, anggota dewan atau tamu, keanggotaan dalam dewan pengawas dan dewan tinggi beberapa pusat akademik dan asosiasi ilmiah di Iran dan negara lain serta mengajar di berbagai pusat ilmiah, di antara kegiatan efektif Ayatullah Takhiri di bidang ilmu pengetahuan dan budaya.

Ia juga memiliki peran terpuji dalam Forum Fikih Islam Islam di Jeddah (berafiliasi dengan Organisasi Kerja Sama Islam) sejak 1983 sebagai satu-satunya perwakilan resmi Syiah Imamiyah dalam membangun dan mempromosikan prinsip-prinsip yurisprudensi Syiah.

Selama 20 tahun terakhir, Ayatullah Takhiri telah menjadi ketua Islamic Culture and Relations Organization Iran, Ketua Bagian Internasional dari Kantor Pemimpin Besar Revolusi dan Sekretaris Jenderal Forum Pendekatan antar-Mazhab serta Ketua Dewan Pembina Pusat Kajian dan Riset Agama dan Mazhab.

Ulama Syah ini juga telah menghasilkan puluhan buku dan makalah yang telah diterbitkan. parstoday.com



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: