Breaking News
Loading...

Tahukah Anda, Apa Dan Siapa Syiah Nushoiriyah (Al Alawiyah)
Syiahindonesia.com - An Nushoiriyah yang sering disebut Al Alawiyah adalah gerakan kebatinan yang muncul pada abad ke 3 hujriah. Yang menyebut An Nushoiriyah dengan Al Alawiyah adalah penjajah Perancis ketika mereka menjajah Syiria. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan hakikat kebusukan mereka dan menutup nutupi kegiatan kebatinan mereka yang merusak.

Mengambil nama An Nushoiriyah dikarenakan pendiri gerakan ini bernama Muhammad bin Nushoir An Numairi. Keyakinan An Nushoiriyah sendiri merupakan campuran antara paham berhalaisme (paganism) dari Asia masa lalu, agama Majusi, agama Yahudi dan Agama Nasrani.

Sekte Sekte An Nushoiriyah

1. Al Jarronah atau Al Kulaziyah, sering juga disebut Al Qomariyah.

Para pengikut sekte ini berkeyakinan bahwa Ali bin Abi Tholib (semoga Allah meridhoinya) , bereinkarnasi (hidup beberapa waktu) di bulan. Oleh sebab itu mereka menyembah bulan. Mereka juga meyakini bahwa minum arak yang murni (maksudnya yang paling keras) akan mendekatkan diri kepada Tuhan Bulan…Kita berlindung kepada Allah dari kesesatan ini.

2. Al Ghoibiyyah, dimana mereka mengada ada bahwa mereka telah rela dengan ilmu ghoib yang ada pada mereka maka tidak perlu lagi ibadah. Sering juga mereka bernama Al Haidariyah. Suatu penisbatan kepada seorang tokohnya bernama Ali Haidar.

3. Al Makhusiyah, suatu penisbatan kepada pemimpin mereka bernama Ali Al Makhus.

4. An Nayashifah, penisbatan kepada kampong naishof di Libanon.

5. Azh Zhuhurotiyah, dinisbatkan kepada pemimpin mereka yang bernama syeikh Ibrohim Al Abidi.

6. Al banawiyah, dinisbatkan kepada Salman Al Mursyid dan anaknya yang bernama Munjib.

(Bersambung….)

Diterjemahkan oleh Ust, Khoirul Anwar , Al Hafidz

Dari buku Syiah Nushoiriyah di Syiria.

eramuslim.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: