Breaking News
Loading...

‘Masa-masa Sulit’ bagi Milisi Syiah Irak setelah Pembunuhan Soleimani
Syiahindonesia.com - Kematian pemimpin milisi Abu Mahdi al-Muhandis dalam serangan AS membuat masa depan kelompok-kelompok bersenjata Syiah Irak menjadi tidak pasti.

Pada tanggal 3 Januari, segera setelah Jenderal Iran Qassem Soleimani meninggalkan bandara Baghdad dengan kendaraan lapis baja, sebuah pesawat tak berawak AS menembakkan roket ke konvoinya, menewaskan komandan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dan Irak menyertainya.

Pembunuhan ini menggemparkan seluruh Timur Tengah dan sekitarnya, memicu kekhawatiran perang habis-habisan antara Amerika Serikat dan Iran di Irak , di mana kedua musuh bersaing untuk mendapatkan pengaruh.

Iran memang memilih tanah Irak untuk membalas, mengirim satu tembakan rudal ke dua pangkalan yang menampung pasukan AS di luar Baghdad dan Erbil. Serangan pada 8 Januari berakhir tanpa korban jiwa, namun, meredakan kekhawatiran akan terjadinya kebakaran regional. Ketika asap mulai menghilang, pengamat yang mengkhawatirkan di Irak adalah kematian pemimpin milisi Syiah yang berpengaruh, Abu Mahdi al-Muhandis, yang terbunuh dalam serangan AS yang sama yang menargetkan Soleimani.

Pembunuhannya membuat paramiliter yang dia perintahkan – Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) – tanpa penerus yang jelas, melemparkan masa depan pasukan berkekuatan 100.000 orang ke dalam ketidakpastian dan meningkatkan kekhawatiran baru tentang ketidakstabilan di Irak yang dilanda perang. Kekosongan kepemimpinan juga cenderung melemahkan tangan Teheran di Irak, menurut para ahli.

PMF, atau Hashd al-Shaabi, dibentuk pada tahun 2014, sebagai tanggapan atas fatwa oleh pemimpin Syiah Irak yang paling berpengaruh, Ayatollah Ali al-Sistani. Pemimpin agama itu telah menyerukan agar relawan mengambil ISIL (ISIS) setelah kelompok bersenjata Sunni menaklukkan lebih dari sepertiga wilayah Irak.

Al-Muhandis, nom-de-guerre yang banyak digunakan untuk Jamal Jaafar al-Ibrahimi, adalah “pencipta PMF, pelihat yang lebih”, kata Sajad Jiyad, direktur pengelola think-tank al-Bayan yang berbasis di Baghdad. Dengan dukungan militer dari Pasukan Quds Soleimani, al-Muhandis membantu menyatukan kelompok 50 milisi yang berbeda – kebanyakan dari mereka pejuang Syiah – menjadi kekuatan yang efektif melawan ISIL.

Seorang pembicara Farsi yang fasih yang menghabiskan sebagian besar masa dewasanya di Iran, al-Muhandis adalah administrator dominan yang bertanggung jawab menangani logistik, pasokan, administrasi personalia, dan mengoordinasikan berbagai faksi yang bersaing dari PMF – banyak dari mereka memiliki sejarah konflik dengan satu sama lain dan mewakili berbagai ikatan, termasuk kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan pemimpin nasionalis Irak yang kuat dan pemimpin Syiah, Moqtada al-Sadr.

Sementara kelompok-kelompok yang berpihak Iran kemungkinan merupakan minoritas dalam jumlah total pejuang PMF, perintah al-Muhandis tentang kelompok payung memberi Iran saham yang berpengaruh dalam urusannya, menurut Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS), yang berbasis di London. think-tank.

Beberapa ahli berpendapat bahwa tekanan Iranlah yang mendorong pemerintah Irak untuk memasukkan PMF ke dalam aparat keamanan negara pada tahun 2016, sebuah langkah yang memberikan senjata berat dan sumber daya keuangan yang signifikan kepada milisi. Pada 2019 saja, kelompok itu dialokasikan $ 2,16milyar dari anggaran negara Irak.

Al-Muhandis memainkan peran kunci dalam proses tersebut. “Dia membeli aspek visioner ke PMF. Dia melihatnya bukan hanya sebagai organisasi atau bisnis yang disetujui negara, tetapi lebih sebagai sistem yang mengandalkan putaran umpan balik, dia memahami dinamika yang mendasari berbagai divisi dalam organisasi ,” kata Inna Rudolf , peneliti di King’s College, London.

‘Waktu berbahaya’
Dalam beberapa tahun terakhir, PMF juga telah tumbuh menjadi faksi politik yang kuat, dengan politisi bersekutu dengan milisi mengambil kursi terbanyak di parlemen Irak dalam pemilihan legislatif 2018. Politisi dari faksi sekutu Iran di PMF memenangkan 48 kursi, berada di urutan kedua di belakang aliansi Sairun al-Sadr, yang mengambil 54 dari majelis 329 anggota.

Kekuatan politik dan militer pasukan itu telah mengkhawatirkan Washington, yang memiliki ribuan tentara di Irak untuk mencegah kebangkitan ISIL, yang dikalahkan pada 2017.

Dan ketika ketegangan AS-Iran meningkat tahun lalu – setelah kepergian Presiden AS Donald Trump dari perjanjian nuklir Iran dan menerapkan kembali sanksi sanksi terhadap Teheran – tentara AS dan PMF menuduh satu sama lain serangan terhadap posisi mereka di Irak .

Permusuhan lama yang mendidih mendidih akhir tahun lalu ketika serangan roket ke pangkalan Irak yang menampung pasukan AS membunuh seorang kontraktor pertahanan Amerika. Washington menyalahkan insiden itu pada Kataib Hezbollah, sebuah milisi yang didirikan oleh al-Muhandis, dan melakukan serangan udara di pangkalan kelompok itu di Suriah dan Irak, menewaskan 24 pejuangnya. Beberapa hari kemudian, pada tanggal 29 Desember, para pendukung PMF menyerbu kedutaan besar AS, memicu krisis diplomatik parah yang memuncak dalam pembunuhan AS terhadap Soleimani.

Tidak jelas apakah AS bermaksud untuk membunuh al-Muhandis dalam serangan yang sama, tetapi peningkatan dramatis AS membuat “masa berbahaya bagi milisi Syiah Irak”, kata Ranj Alaaldin, rekan di Brookings Institute di Doha, Qatar.

“Milisi Syiah Irak telah berada di jurang konfrontasi besar untuk sementara waktu. Persepsi ancaman di antara kelompok-kelompok ini sedemikian rupa sehingga ada ketakutan yang jelas tergeser atau melemah oleh saingan yang ingin mengeksploitasi kejatuhan itu,” kata Alaaldin, yang memprediksi pertempuran suksesi kontroversial yang mengadu domba kelompok-kelompok Iran yang mendominasi PMF melawan blok al-Sadr.

Teheran memiliki banyak yang dipertaruhkan. Pesaing utama dari faksi pro-Iran adalah Hadi al-Amiri, mantan menteri transportasi dan kepala Organisasi Badr, yang membentuk tulang punggung PMF. Al-Amiri adalah penutur bahasa Farsi yang fasih dan pengagum Soleimani, dan karenanya cenderung memprioritaskan kepentingan Iran, menurut pengamat. Al-Sadr, bagaimanapun, telah lama menentang pengaruh AS dan Iran di Irak.

Ketidakpastian yang tergantung pada PMF menghadirkan kesempatan langka bagi AS untuk mengekang kekuasaan Teheran atas Baghdad, kata seorang diplomat Irak yang berbicara kepada Al Jazeera dengan syarat anonimitas.

“Sejak Qassem Soleimani terbunuh, pengaruh Iran telah kehilangan agresivitas, ide ekspansionis yang dulu dimiliki. Jadi kita memiliki tiga atau empat tahun untuk kebijakan fungsional AS di Irak, setelah itu, kita akan kembali ke bagaimana sebelumnya Kematian Soleimani, jadi sekarang atau tidak pernah melakukan sesuatu untuk menghadapi pengaruh Iran di Irak. ”

Opini publik, juga, tampaknya berbalik melawan PMF. Ada seruan untuk membubarkan kelompok itu dari pengunjuk rasa yang turun ke jalan di kota-kota di Irak sejak Oktober. Banyak yang mempertanyakan nilai kelompok tersebut setelah kekalahan ISIL, sementara kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh beberapa kelompok kejahatan perang dan pemerasan di beberapa wilayah yang mereka ambil dari ISIL.

Namun, yang lain mengatakan setiap upaya untuk mengesampingkan kelompok itu dapat memprovokasi serangan balasan yang berakar di negara Irak. “Bisakah Anda tiba-tiba menekan perilaku ini? Sangat sulit dilakukan tanpa mengarah pada kekerasan dan pukulan balik,” kata Jiyad dari al-Bayan.

Untuk saat ini, meskipun kurangnya boneka, PMF tampaknya bersatu.

Berbagai faksi telah berjanji untuk membalas pembunuhan al-Muhandis dengan mengusir pasukan AS dari negara itu. Pada 13 Januari, al-Sadr mengadakan pertemuan di kota Qom Iran untuk mengoordinasikan upaya PMF untuk mengusir pasukan AS. Yang hadir adalah para pemimpin beberapa milisi, termasuk Kataib Hezbollah, Asaib Ahl al-Haq dan Harakat Hezbollah al-Nujaba.

Kelompok-kelompok itu kini telah mengumumkan “pawai sejuta orang” terhadap kehadiran militer AS pada Jumat.

Sementara itu, para legislator yang berpihak pada PMF mendorong melalui sebuah resolusi pada 5 Januari yang memerintahkan pemerintah sementara Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi untuk mengakhiri kehadiran militer AS di Irak – sesuatu yang ditentang Washington dengan keras.

Abu Hadi al-Daraji, juru bicara PMF, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kelompok itu akan tetap menjadi kekuatan di Irak.

“Selama tentara Irak, dan pasukan polisi Irak adalah pasukan yang sah di bawah kendali pemerintah Irak, Hashid Shaabi juga akan demikian,” katanya. “Itu organisasi yang sah.”

Gareth Browne melaporkan dari Baghdad. Zaheena Rasheed melaporkan dari Doha. suaraislam.co

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: