Breaking News
Loading...

Pemerintah Syi'ah Irak Blokir Jaringan Media Sosial Saat Protes Masuki Hari ke-2
Syiahindonesia.com - Pemerintah Syi'ah Irak telah memblokir jaringan media sosial populer, termasuk Facebook dan Twitter, ketika protes terhadap korupsi pemerintah berkecamuk untuk hari kedua, kata pengawas internet.

Dua demonstran ditembak mati pada hari Rabu (2/10/2019) di kota selatan Nasiriyah, sehingga jumlah korban tewas menjadi lima dalam dua hari, kata seorang pejabat kesehatan.

NetBlocks, sebuah pengamat yang memantau blok resmi di situs web dan jaringan media sosial, mengatakan bahwa pemerintah Syi'ah Irak telah memblokir sebagian besar situs dan aplikasi media sosial pada Rabu sore.
Laporan pengawas itu mengikuti berbagai klaim oleh aktivis setempat yang mengatakan mereka tidak dapat mengakses media sosial pada hari kedua protes terhadap pemerintah Perdana Menteri Adil Abdul-Mahdi.

Facebook, Twitter, WhatsApp, Facebook Messenger dan Instagram semuanya telah diblokir, menurut NetBlocks.

Sementara koresponden AFP membantah putusan bahwa pemerintah telah memblokir situs media sosial - sebaliknya menyatakan bahwa pembatasan bandwidth telah memperlambat akses ke situs-situs tersebut - para aktivis melaporkan bahwa satu-satunya cara untuk mengakses media sosial pada Rabu sore adalah melalui Virtual Private Network (VPN) .

VPN adalah koneksi terenkripsi yang memungkinkan pengguna untuk memotong blok internet.

Protes mengamuk melawan korupsi

Ribuan warga Irak turun ke jalan-jalan di Baghdad dan kota-kota lain di selatan negara itu pada hari Selasa, menyuarakan berbagai keluhan, termasuk korupsi negara, kegagalan layanan publik, pengangguran dan pemberhentian seorang jenderal Irak populer pekan lalu. Mereka juga menuntut pemerintah Syi'ah Iran untuk pergi dan tidak mencampuri urusan negara itu.

Para pengunjuk rasa dihadapi dengan gas air mata, meriam air, dan peluru tajam, membuat sekitar 200 orang terluka dan tiga lainnya tewas.

Tembakan keras bisa terdengar sampai malam.

Kekerasan menuai kecaman dari Presiden Barham Saleh, yang mendesak "menahan diri dan menghormati hukum".

"Protes damai adalah hak konstitusional yang diberikan kepada warga," kata Saleh pada Selasa malam.

Pejabat tinggi PBB di Irak, Jeanine Hennis-Plasschaert, juga menyatakan "keprihatinan serius" pada hari Rabu, dengan mengatakan dia "sangat menyesali korban".

Dia mendesak pihak berwenang untuk "menahan diri dalam menangani protes mereka".

Parlemen Irak telah memerintahkan penyelidikan atas kekerasan tersebut, dan komite hak asasi manusianya telah mengkritik pasukan keamanan atas "penindasan" mereka terhadap demonstrasi.

Terlepas dari kekhawatiran itu, pasukan keamanan mengunci Lapangan Tahrir di pusat kota Baghdad pada hari Rabu untuk mengantisipasi protes lebih lanjut.

Polisi anti huru hara menanggapi demonstrasi di Baghdad dan Irak selatan dengan gas air mata dan dengan menembakkan peluru langsung ke udara.

"Saya keluar hari ini untuk mendukung saudara-saudara saya di Alun-alun Tahrir," kata Abdallah Walid, seorang pengunjuk rasa di pinggiran kota Zaafraniyah, Baghdad, kepada AFP.

"Kami menginginkan pekerjaan dan layanan publik yang lebih baik. Kami telah menuntut mereka selama bertahun-tahun dan pemerintah tidak pernah menanggapi."

Seorang pengunjuk rasa ditembak mati di Nasiriyah, Irak selatan, sementara tiga pengunjuk rasa dan 11 anggota pasukan keamanan cedera di provinsi Dhi Qar, kata pejabat kesehatan kepada AFP.

Laporan yang belum dikonfirmasi menunjukkan sebanyak 100 orang terluka dalam demonstrasi hari Rabu.

Tindakan spontan

Demonstrasi tersebut dianggap tidak biasa dalam sejarah politik Irak baru-baru ini, karena mereka tampaknya bersifat spontan daripada yang diminta oleh faksi politik tertentu.

"Demonstrasi yang meletus di Baghdad dan provinsi-provinsi lainnya populer di kalangan anak muda, yang merasa tidak adil dan merasa terhina selama demonstrasi yang terjadi sebelumnya," Wathiq al-Hashemi, kepala Institut Studi Strategis Irak, mengatakan kepada The New Arab.

"Para Sadrist [pendukung ulama Syi'ah Muqtada al-Sadr] dan Partai Komunis percaya bahwa demonstrasi di Irak hanya bisa terjadi melalui mereka, tetapi demonstrasi kemarin, dan sejumlah besar orang yang berpartisipasi, menarik karpet dari bawah kaki mereka," dia menjelaskan.

"Ada partai politik dan lainnya yang akan mencoba mengendarai gelombang demonstrasi ini."

Mantan anggota parlemen Shorouq al-Abaiji mengatakan kepada The  New Arab bahwa para pengunjuk rasa adalah "hasil alami dari kegagalan sistem politik Irak untuk mencapai tuntutan paling dasar dari rakyat".

"Para demonstran adalah orang miskin, anak muda, dan tidak ada gerakan politik yang mendorong protes ini," katanya. "[Mereka] menjadi sasaran banyak kekerasan ... penindasan dan kekerasan terhadap para demonstran akan meningkat ... sampai tuntutan mereka adalah terpenuhi." (TNA)



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: