Breaking News
Loading...

Bergabung dengan Demonstran, Tokoh Syiah Irak Bersumpah Gulingkan Pemerintah
Syiahindonesia.com - Najaf-Tokoh Syiah populis di Irak, Muqtada al-Sadr hari Selasa bergabung dengan para pengunjuk rasa di salah satu yang dianggap suci kaum Syiah, Najaf, memperingatkan mengancam akan menggulingkan pemerintahan Adil Abdul-Mahdi.

Komentar tokoh Syiah itu datang sebagai bentuk protes maraknya unjuk rasa yang masih terus berlangsung di seluruh Irak, mengarah pada kekerasan yang meluas dan pembunuhan.

Sadr telah menarik dukungannya kepada pemerintah setelah maraknya aksi protes dan menyerukan pemilihan dini dilakukan di bawah pengawasan PBB. Dia menuduh politisi top Irak di bawah pengaruh kekuatan asing – khususnya saingan berat Iran dan Amerika Serikat.

Sadr mengulurkan tawaran kerjasama dengan Hadi al-Amiri, kepala blok al-Fatih yang kuat di parlemen Irak.

Maroko akan Pulangkan Perempuan dan Anak di Bawah Umur yang Ditahan di Irak dan Suriah 
Tweet-nya datang sebagai tanggapan atas surat Abdul-Mahdi hari Selasa di mana PM Irak meminta Sadr bekerja sama dengan Amiri jika dia ingin PM Abdul Muhdi mundur.

“Saya meminta saudara Hadi al-Amiri untuk bekerja sama menarik kepercayaan dari Anda,” kata Sadr kepada Abdul-Mahdi dalam ciutannya. “Karena kami juga akan bekerja untuk memodifikasi konstitusi dan mengubah Komisi Pemilihan Tinggi Irak dan peraturannya.”

Sadr adalah kepala aliansi Sayirun, blok terbesar di parlemen Irak. Dia juga kepala milisi Saraya al-Salam, yang merupakan bagian dari payung Popular Mobilisasi Pasukan (PMF), juga dikenal sebagai Hashd al-Shaabi dalam bahasa Arab, milisi bersenjata Syiah yang ikut menumpas ISIS di Ramadi, dan dikirim membantu Bashar al Assad di Suriah.

Dalam suratnya kepada Sadr, Abdul-Mahdi membujuk pemimpin Sayirun itu “bertemu al-Amiri dan memutuskan untuk membentuk pemerintahan baru agar saya mengundurkan diri”.

“Saya tidak bisa pergi ke parlemen dan menyerahkan pengunduran diri saya, karena langkah-langkah lain perlu dipertimbangkan sesuai dengan konstitusi Irak,” tambahnya.

Untuk mengadakan pemilihan cepat, presiden Irak harus menyetujui permintaan resmi dari PM Irak untuk membubarkan parlemen, dan parlemen harus memberikan suara pada pembubarannya sendiri, dalam Pasal 64 Konstitusi Irak.

Sebagai upaya lain untuk memadamkan protes anti-pemerintah, Abdul-Mahdi mengumumkan paket reformasi lebih lanjut pada hari Selasa malam tentang pengelolaan sampah, sanitasi, dan pencegahan banjir – jauh dari tuntutan yang diinginkan para pengunjuk rasa.

Pasukan keamanan Irak yang mengenakan topeng dan pakaian hitam menembaki pengunjuk rasa di kota yang dianggap suci kaum Syiah, Karbala hari Senin, (28/10), menewaskan 18 orang dan melukai sekitar 800 lainnya.

Gelombang kerusuhan meluas ke Irak selatan awal bulan ini ketika rakyat Irak turun ke jalan untuk menuntut banyaknya pengangguran, layanan publik yang buruk, dan korupsi yang merajalela. Setidaknya 157 orang tewas dalam sembilan hari pertama bulan itu, menurut PBB.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, Misi Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Irak (UNAMI) mengutuk penindasan kekerasan terhadap demonstrasi.

“Perwakilan khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Irak, Jeanine Hennis-Plasschaert, mengutuk dalam hal terkuat meningkatnya jumlah kematian dan cedera selama demonstrasi melanda banyak bagian Irak,” kata UNAMI dikutip AFP.

Hennis-Plasschaert mengingatkan pemerintah Irak bahwa “kekerasan tidak pernah menjadi jawaban” dan bahwa “dialog nasional sangat dibutuhkan untuk menemukan respons yang cepat dan bermakna”.

Pernyataan UNAMI itu dikeluarkan setelah malam berdarah di kota suci Syiah Karbala pada hari Senin, ketika pasukan keamanan menggunakan amunisi langsung untuk membubarkan demonstran, menewaskan puluhan dan melukai ratusan lainnya.

“Laporan saksi menunjukkan bahwa tembakan langsung digunakan terhadap demonstran, yang menyebabkan banyak korban,” kata pernyataan itu. indonesiainside.id

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: