Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com, Anbar – Aliansi milisi Syiah Irak, Al-Hasd Al-Syakbi, tiba di perbatasan Suriah setelah meraih kemajuan pesat dalam pertempurannya dengan pasukan Daulah Islamiyah (ISIS) di Kota Talafar, Mosul.

Portal berita Irak, Samuria News, Senin (29/05) melansir dari koamandan Al-Hasd Al-Syakbi dari kelompok Organisasi “Badr”, Hadi al-Amiri, mengatakan bahwa Al-Hasd beberapa saat lalu telah mencapai perbatasan Irak-Suriah.

Amiri menjelaskan bahwa “posisi pasukannya sekarang terpusat di desa Umm Jeris, desa yang lansung berbatasan dengan kedua negara. “Besok, akan diluncurkan operasi pembersihan di perbatasan Irak-Suriah yang dimulai dari Umm Jeris menuju distrik Al-Qaidah di Provinsi Anbar, Irak Barat,” ujarnya.

Milisi Syiah Irak, Senin pagi, meraih signifikan dalam pertempuran dengan ISIS di Tal Afar. Jarak mereka dengan perbatasan Suriah saat ini hanya 20 km.

Kemajuan milisi yang mendapat dukungan dari Iran ini diraih setelah merebut kawasan 23 Mei yang sangat strategis. Dari kawasan ini, milisi Syiah dengan mudah menghujani dan memutus pasokan logistik pasukan ISIS di wilayah tersebut.

Perlu diketahui, Iran berupaya menguasai jalan internasional yang menghubungkan Baghdad dan Damaskus. Teheran ingin menghubungkan milisinya di Irak dan Suriah.

Sebagian kelompok bersenjata di Al-Hasd Al-Syakbi, seperti Harakah An-Nujaba’, ikut bertempur di Suriah di barisan Bashar Assad. Mereka ingin seperti ISIS, menggabungkan antara wilayah di Irak dan Suriah untuk memperkuat logistik dan bantuan pasukan.

Akhir 2016, milisi Al-Hasd juga menekankan bahwa pihaknya siap menyeberang ke Suriah setelah menyelesaikan pertempuran dengan ISIS di Irak. (kiblat)

0 komentar: