Breaking News
Loading...

Ali Khamenei
Syaihindonesia.com - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei menyerang pemerintah Saudi dengan mengeluarkan pernyataan kontroversial. Khamenei menuding Saudi sebagai pembunuh ribuan orang yang tewas dalam insiden haji tahun lalu.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin (05/09) di website-nya, Khamenei secara pedas menuding Saudi tidak memiliki perasaan dan menjadi pembunuh mereka yang terluka dengan membiarkannya terkunci dalam ruangan, bukan memberikan perawatan medis dan membantu mereka atau setidaknya meredakan rasa haus mereka.

“Mereka (Saudi) membunuh mereka,” kata Khamenei yang juga menyeru agar penanggung jawab ibadah haji yang saat ini dipegang Kerajaan Arab Saudi diganti.

Khamenei menyatakan bahwa Saudi harus bertanggung jawab terhadap 464 orang warga Iran yang meninggal saat insiden Mina, dan 111 orang yang tewas ketika runtuhnya crane. Meskipun Menteri Kesehatan Iran, Hasan Hashemi saat itu telah mengapresiasi penanganan Saudi terhadap korban insiden.

Pernyataan Khamenei seridaknya muncul atas ketegangan antara kedua belah pihak Arab Saudi dan Iran terkait perbedaan ideologi dan penanganan konflik regional seperti di Suriah dan Yaman. Awal tahun ini pemerintah Riyadh mengeksekusi petinggi Syiah Nimr al-Nimr sehingga memicu pembakaran kedutaan Saudi di Iran.

Menanggapi Khamenei, Pangeran Saudi Mohammed bin Nayef, mengatakan bahwa hal itu hanya untuk mempolitisasi haji. (kiblat)

0 comments: