Breaking News
Loading...

Keberadaan Syiah Di Lampung

 Salah satu indikasi keberadaan komunitas syiah di suatu tempat adalah pengadaan ritual khas syiah di suatu tempat. Salah satu acara wajib bagi syiah adalah peringatan Asyura. Panitia penyelenggara biasanya dalah sebuah yayasan syiah. Di Lampung, Yayasan Shahib Al-Zaman, merupakan salah satu yayasan yang menjadi penyelenggara acara syiah tersebut.


 


Menurut laporan IQNA, salah satu media massa Iran yang berpusat di Iran, ritual berkabung  dilakukan selama sepuluh hari dari tanggal 1 Muharram. Di Lampung, pada tahun 2018 lalu, acara telah diselenggarakan untuk kelima kalinya secara berturut-turut. Dengan diprakarsai oleh Yayasan Shahib Al-Zaman.

Dituturkan, bahwasanya Yayasan Shahib Al-Zaman ini didirikan oleh Ahmad Ghazali, salah seorang alumnus Jamiah al-Musthafa (Saw) al-Alamiah, pada tahun 2005 M. Menjadi catatan menarik adalah bahwa penyebaran syiah menjadi massif dan eksis dengan keberadaan tokoh syiah militan muda. Dalam hal ini, lulusan lembaga pendidikan syiah menjadi pengerak sekaligus mempelopori ritual syiah yang bagi kalangan syiah awam akan berat mengadakan ritual syiah karena membutuhkan banyak komponen. Dari sisi pemateri, finansial, support keamanan dan lain-lain yang menjadikan ritual syiah bisa berjalan sukses. Belum lagi resiko penolakan dari masyarakat yang tidak mau ada aliran sesat berkembang di sekitar lingkungan mereka. 


Sebelumnya yayasan ini, di setiap tahunnya pada hari Asyura guna melaksanakan acara berkabung, mereka pergi ke Jakarta dan menyelenggarakan acara hari kesepuluh di kota ini.
Sumber : iqna ir



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: