Breaking News
Loading...

 SYIAH DALAM HADIS NABI SAW

Sebagai kelompok yang sudah lama dikenal oleh ulama sebagai kelompok keagamaan yang sangat fanatik kepada Sayyidina Ali RA, Syiah telah banyak melakukan kemunkaran baik dalam bidang akidah, syariah, atau yang lannya. Beberapa pakar bahkan melabeli kelompok yang muncul di akhir masa pemerentiahan Khalifah Sayyidina Utsman RA—sebagaimana penuturan al-Imam Muhammad Abu Zahrah dalam Târîkh Mazdzâhib al-Islamiyyah—sebagai kelompok lain dalam Islam.


Namun, siapa sangka kelompok ini telah diramalkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan oleh Imam at-Tabrani dalam al-Mu’jam al-Kabîr.

 


“Dari Ibnu Abbas ujarnya, saya pernah berada di sisi Nabi SAW bersamaan dengan Ali. Saat itu Nabi bersabda kepada Ali, “Wahai Ali, nanti akan muncul di tengah umatku suatu kaum yang berlebihan dalam mencintai kita ahlul bait, mereka dikenal dengan nama Rafidhah. Karena itu bunuhlah mereka sebab mereka adalah kaum musyrik.” Ibnu Hajar al-Haitami dalam Majma’ Zawaid menghukumi hadits tersebut Hasan.
Sebagaimana Rasulullah SAW Sayyidina Ali juga mengatakan hal demikian terkait dengan kelompok yang diramalkan Rasulullah SAW tersebut. Sayyidina Ali berkata, “Di belakang kami kelak akan muncul suatu kaum yang mengaku cinta kepada kamu. Mereka suka berdusta dengan nama kamu, mereka sebenanya keluar dari Islam. Ciri mereka yaitu gemar memaki Abu Bakar dan Umar.”



Secara istilah, Rafidhah merupakan sekelompok Syiah yang melakukan kedustaan dalam mendukung Ahlul Bait. Golongan ini menolak kepemimpinan Sayyidina Abu Bakar RA, Sayyidina Umar RA, dan sebagian shahabat Rasulullah SAW. Mereka gemar sekali mencaci para shahabat karena, menurut mereka, mengingkari penunjukan Sayyidina Ali RA sebagai pengganti Rasulullah RA.

Tentang asal-muasal penamaan ini, Abu al-Qasim al-Isfahani, Imam Fakhr ar-Razi, as-Syahrastani, dan Ibnu Taimiah, berpendapat bahwa istilah Rafidhah disematkan kepada Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah adalah karena penolakan mereka terhadap Zaid bin Ali Zainal Abidin bin al-Husain (79-122 H) karena tetap memuliakan Abu Bakar dan Umar pada saat pengikutnya meminta beliau untuk mencela dan menista keduanya sehingga menyebabkan mereka berpaling meninggalkan beliau.
Sejak saat itulah, Zaid bin Ali Zainal Abidin bin al-Husain RA mengatakan رَفَضْتُمُوْنِ (kalian telah menolakku). Ucapaan beliau itulah yang menyebabkan istilah Rafidhah begitu popular hingga sekarang



Penulis: Isomuddin Rusydi pada Kitab Syiah Telah Dinubuwahkan Rasulullah SAW





************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: