Breaking News
Loading...

HTS Sepakat Pertukaran Tawanan dengan Dua Kota Syiah di Utara Idlib
Syiahindonesia.com - Koalisi faksi jihad Suriah Hay’at Tahrir al-Sham (HTS) dan rezim Nushairiyah Bashar al-Assad sedang melakukan pertukaran tahanan dan warga sipil lainnya. Pusat pertukaran adalah pada penduduk Kefraya dan al-Fouah, dua kota mayoritas Syiah di provinsi utara Idlib.

HTS, yang dipimpin oleh Jabhat Fath al Sham (JFS), melaporkan ketentuan pertukaran melalui Ebaa News Agency. Menurut HTS, 1.500 tahanan yang ditahan oleh Assad dan sekutu-sekutunya sedang dibebaskan. Sebagai gantinya, milisi Syiah diperbolehkan meninggalkan kota dan penduduk diizinkan untuk mengungsi juga, lansir The Long War Journal, Rabu (18/7/2018).

Kantor Berita rezim Suriah (SANA), sebuah cabang propaganda rezim Assad, melaporkan bahwa 121 bus dan sejumlah ambulans telah memasuki kota-kota untuk merelokasi penduduk mereka. Al Masdar News, outlet media pro-rezim, menambahkan bahwa lebih dari “7000 orang, termasuk warga sipil dan milisi,” sedang dievakuasi di bawah ketentuan kesepakatan, yang “ditengahi” oleh Turki dan Iran.

Provinsi Idlib dikuasai oleh koalisi Jaysh al-Fath, yang dipimpin juga oleh JFS dan sekutu terdekatnya, pada awal 2015. Para jihadis telah lama mencoba untuk menukarkan penduduk dan milisi Syiah  di Kefraya dan al-Fouah dengan rekan-rekan mereka yang dipenjarakan atau dikepung di tempat lain di Suriah oleh rezim. Pada September 2015, misalnya, faksi-faksi jihad menyerang kota-kota sebagai tanggapan atas serangan Assad dan milisi Syiah Iran di Zabadani, sebuah kota kecil di Suriah barat daya dekat perbatasan Libanon.

Ini bukan pertama kalinya pertukaran dilakukan. Kesepakatan yang dicapai pekan ini mirip dengan pengaturan yang dinegosiasikan pada April 2017, ketika HTS dan rezim Syiah Suriah menukar penduduk dari dua kota untuk tahanan yang ditahan di Suriah selatan. HTS menginformasikan pertukaran tersebut di halaman media sosialnya, sama seperti ketika menyiarkan pertukaran hari ini.

Saluran Telegram HTS mengumumkan pada 21 April 2017 bahwa “tahap pertama” pertukaran tahanan dengan “musuh Iran” telah selesai. Ebaa News Agency, media HTS, melaporkan bahwa 15 “bus yang mengangkut 500 mujahidin dari al-Zabadani, Serghaya, dan gunung timur Damaskus” telah “tiba dengan keluarga mereka,” sementara “46 bus membawa penduduk dan milisi Syiah Kefraya dan al-Foua pergi ke wilayah kontrol rezim Assad. ”Ebaa menambahkan bahwa kesepakatan pertukaran melibatkan“ lebih dari 1.500 tahanan ”yang ditahan oleh“ rezim kriminal Syiah ”Bashar al Assad, dan“ pemberian makanan dan bantuan medis di daerah-daerah yang terkepung ”dekat Damaskus .

Yang menarik, jumlah tahanan yang sama adalah bagian dari pertukaran hari ini.

Mirip dengan April lalu, Kantor Berita HTS Ebaa telah memberikan pembaruan pada pertukaran terbaru selama 24 jam terakhir. Jurnalislam.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: