Oleh : Zulkarnain El-Madury
Tulisan ini tidak bermaksud
merendahkan kemampuan para ulama yang tergabung dalam Risalah Amman yang dikenal
dengan Amman Message. Tetapi memang ada kejanggalan dalam pertemuan pertemuan
risalah Amman, seolah para ulama yang tergabung dalam membuat rekomondasi
mengabaikan banyak tulisan ulama ulama yang jauh lebih hebat dan sangat dekat
dengan zaman lahirnya Syiah.
Risalah
Amman bisa disebut penghapusan terhadap fatwa fatwa Ulama yang jauh lebih
berilmu dari mereka. Karena zaman dibuatnya Risalah Amman adalah zaman kongsi
politik kepentingan yang tidak bisa dilepaskan dari cengkraman hegemoni
revolusi Iran waktu itu. Hingga menempatkan Risalah Amman sebagai kitab suci,
yang kelak Syiah bisa menguatkan posisi dalam melakukan ekspansi permusuhan
terhadap Sunni.
Mestinya
para pelaku Risalah Amman, yang lebih banyak di dominasi Grand Syaikh Al Azhar
waktu itu harus melihat sikap Dr. Mustofa As-Siba'i yang tertipu sikap Taqiyah
Syiah, jauh sebelum munculnya Taqrib para ulama Amman Message. Mustofa
As-Siba'i menjadi korban penipuan intelektual ketika berusaha mendekatkan Sunni
dengan Syiah. Dalam buku yang dialih bahasakan kedalam bahasa Englis dari judul
ahlinya : «As-Sunnan wa makanatuha fi tashril islami» halaman 42 disebutkan :
«In 1953, I visited Abdulhusain Sharaf ad-Deen (al-Mousawi) (1), in Tyre. With him were seated some Shiah scholars. We began to talk about prevailing conditions in Muslim lands, and we agreed that Shiah and people of Sunnah should cooperate with one another in the hope of alleviating the plight of many Muslims. During that gathering Abdulhusain showed a great deal of enthusiastic approval for the propositions we were putting forward. In the end, it was agreed that a conference should be held between scholars of the sunnah and scholars of the shiah for the very purpose of bringing about a practical cooperation between both groups. However, after only a short period of time, I was shocked to see that Abdulhusain had just authored a book, which he filled with curses against Abu Hurayrah.
I was truly amazed at the disparity between Abdulhusain’s claims and between his actions, actions that did not in the least point to a sincere desire to establishing some form of cooperation between both groups and to erasing bitter memories. I witnessed a similar attitude from many other shiah scholars. Although they profess to desire harmony between both groups. Shiah scholars continue to portray the companions in an evil light, because the goal of narrowing gap between people of the sunnah and the shiah, to them, is nothing more than bringing the people of sunnah closer to beliefs of the shiah».
Bagaimana dalam pernyataan Dr. Mustofa Assiba'i [Korban Tipu Daya Syiah] menanggapi seorang Mullah Syiah, Abdul Husein Syaraf ad-Din [al Musawi]. Setelah kesepakatan antara dua tokoh hebat dalam sebuah perjanjian untuk saling menghormati , besok harinya tokoh Syiah tersebut melontarkan caci maki kepada Aisyah dan Abu Hurairah. Dr. Mustofah yang tak pernah menduga hal itu akan terjadi, akhirnya harus membatalkan perjanjian [Taqrib] dengan Ayatullah Abdul Husein. Sama halnya dengan salah actor intelektual, seperti Yusuf Qardawy yang turut menyusun Amman message, juga menarik diri dan menghukumi Syiah sebagai gerombolan orang kafir. Siapa yang menyangkan seorang ssehebat Yusuf Qardawy yang termasuk liberal pemikirannya, harus tobat dan meninggalkan dosa dosanya menuju pangkuan akidah yang benar, dan menyebut risalah amman sebagai kedustaan belaka. Beliau berkata, golongan Syiah sebenarnya telah mengkhianati umat Islam. Hal itu terbukti dengan pembunuhan Umat Islam di Syria.
"Jangan panggil mereka Hizbullah, mereka selayaknya digelar
Hizbusyaitan dan Allah tidak ada kaitan dengan mereka.
"Saya menyeru seluruh umat
melawan kuffar dan Syiah di dalam Hizbullah. Mereka adalah kuffar tanpa sedikit
keraguan. Mereka sedang menjalankan operasi etnik di Syria dengan tujuan membina
negara Syria Barat di barat Syria," katanya dalam acara tersebut, lansir Utusan Online (02/08/2013).
Risalah
Amman sebagai bentuk deklarasi pada 9 November 2004 (27 Ramadan 1425 H) sebenarnya memang harus ditinjau ulang karena sangat
politis, dan tidak mewakili selera para ulama masa lalu yang lebih tahu
kebejatan Syiah. Meskipun beberapa ulama Al Azhar bergabung didalam, yang
dituakan di Al Azhar memang perlu tinjaun menyeluruh, karena bagaimanapun
kehebatan mereka banyak kelalaian dan terseret arus politik hegemoni Syiah yang
minta pengakuan dunia Islam. Terutama setelah posisinya dirasakan lebih kuat.
Raja Yordania ikut terlibat bikin
dosa warisan terhadap umat karena menjadi sponsor dari Risalah Amman, yang
menjadi kendaraan politik Iran mengantar kemauannya. Mestinya hal ini tidak
mendapat restu Raja Amman Yordan itu. Isi dan butir butir Risalah Amman sama
halnya pendustaan terhadap ulama salaf yang lebih mengerti siapa Rafidhah yang
berkedok baju Islam itu.
Risalah Amman mestinya harus berpatokan pada fatwa fatwa para Imam
dan para Ulama Jauh sebelumnya.
1. Imam Malik
االامام مالك
روى الخلال عن ابى بكر المروزى قال : سمعت أبا عبد
الله يقول :
قال مالك : الذى يشتم اصحاب النبى صلى الله عليه
وسلم
ليس لهم اسم او قال نصيب فى الاسلام.
( الخلال / السن: ۲،٥٥٧ )
Al Khalal meriwayatkan
dari Abu Bakar Al Marwazi, katanya : Saya mendengar Abu Abdulloh berkata, bahwa
Imam Malik berkata : “Orang yang mencela sahabat-sahabat Nabi, maka ia tidak
termasuk dalam golongan Islam” ( Al Khalal / As Sunnah, 2-557 )
2. Ibnu Katsir
Ibnu Katsir berkata,
dalam kaitannya dengan firman Allah surat Al Fath ayat 29, yang artinya :
“ Muhammad itu adalah Rasul (utusan Allah). Orang-orang yang bersama dengan dia (Mukminin) sangat keras terhadap orang-orang kafir, berkasih sayang sesama mereka, engkau lihat mereka itu rukuk, sujud serta mengharapkan kurnia daripada Allah dan keridhaanNya. Tanda mereka itu adalah di muka mereka, karena bekas sujud. Itulah contoh (sifat) mereka dalam Taurat. Dan contoh mereka dalam Injil, ialah seperti tanaman yang mengeluarkan anaknya (yang kecil lemah), lalu bertambah kuat dan bertambah besar, lalu tegak lurus dengan batangnya, sehingga ia menakjubkan orang-orang yang menanamnya. (Begitu pula orang-orang Islam, pada mula-mulanya sedikit serta lemah, kemudian bertambah banyak dan kuat), supaya Allah memarahkan orang-orang kafir sebab mereka. Allah telah menjanjikan ampunan dan pahala yang besar untuk orang-orang yang beriman dan beramal salih diantara mereka”.
“ Muhammad itu adalah Rasul (utusan Allah). Orang-orang yang bersama dengan dia (Mukminin) sangat keras terhadap orang-orang kafir, berkasih sayang sesama mereka, engkau lihat mereka itu rukuk, sujud serta mengharapkan kurnia daripada Allah dan keridhaanNya. Tanda mereka itu adalah di muka mereka, karena bekas sujud. Itulah contoh (sifat) mereka dalam Taurat. Dan contoh mereka dalam Injil, ialah seperti tanaman yang mengeluarkan anaknya (yang kecil lemah), lalu bertambah kuat dan bertambah besar, lalu tegak lurus dengan batangnya, sehingga ia menakjubkan orang-orang yang menanamnya. (Begitu pula orang-orang Islam, pada mula-mulanya sedikit serta lemah, kemudian bertambah banyak dan kuat), supaya Allah memarahkan orang-orang kafir sebab mereka. Allah telah menjanjikan ampunan dan pahala yang besar untuk orang-orang yang beriman dan beramal salih diantara mereka”.
Beliau berkata : Dari ayat ini, dalam satu riwayat dari Imam
Malik, beliau mengambil kesimpulan bahwa golongan Rofidhoh (Syiah), yaitu
orang-orang yang membenci para sahabat Nabi SAW, adalah Kafir.
Beliau berkata : “Karena mereka ini membenci para sahabat, maka dia adalah Kafir berdasarkan ayat ini”. Pendapat tersebut disepakati oleh sejumlah Ulama. (Tafsir Ibin Katsir, 4-219)
3. Imam Al Qurthubi
Imam Al Qurthubi berkata
: “Sesungguhnya
ucapan Imam Malik itu benar dan penafsirannya juga benar, siapapun yang
menghina seorang sahabat atau mencela periwayatannya, maka ia telah menentang
Allah, Tuhan seru sekalian alam dan membatalkan syariat kaum Muslimin”. (Tafsir Al Qurthubi, 16-297).
4. Imam Ahmad
الامام احمد ابن حمبل
:
روى الخلال عن ابى بكر المروزى قال : سألت ابا عبد الله عمن يشتم
روى الخلال عن ابى بكر المروزى قال : سألت ابا عبد الله عمن يشتم
أبا بكر وعمر وعائشة ؟ قال: ماأراه على
الاسلام
.
( الخلال / السنة : ۲، ٥٥٧)
( الخلال / السنة : ۲، ٥٥٧)
Al Khalal meriwayatkan dari Abu Bakar Al
Marwazi, ia berkata : “Saya bertanya kepada Abu Abdullah tentang orang yang
mencela Abu Bakar, Umar dan Aisyah? Jawabnya, saya berpendapat bahwa dia bukan
orang Islam”. ( Al Khalal / As Sunnah, 2-557).
Beliau Al Khalal juga
berkata : Abdul Malik bin Abdul Hamid menceritakan kepadaku, katanya: “Saya
mendengar Abu Abdullah berkata : “Barangsiapa mencela sahabat Nabi, maka kami
khawatir dia keluar dari Islam, tanpa disadari”. (Al Khalal / As Sunnah,
2-558).
Beliau Al Khalal juga
berkata :
وقال الخلال: أخبرنا عبد الله بن احمد بن حمبل قال
: سألت أبى عن رجل شتم رجلا
من اصحاب النبى صلى الله عليه وسلم فقال : ما أراه
على الاسلام
(الخلال / السنة : ۲،٥٥٧)
“ Abdullah bin Ahmad bin
Hambal bercerita pada kami, katanya : “Saya bertanya kepada ayahku perihal
seorang yang mencela salah seorang dari sahabat Nabi SAW. Maka beliau menjawab
: “Saya berpendapat ia bukan orang Islam”. (Al Khalal / As Sunnah, 2-558)
Dalam kitab AS SUNNAH karya IMAM AHMAD halaman
82, disebutkan mengenai pendapat beliau tentang golongan Rofidhoh (Syiah) :
“Mereka itu adalah
golongan yang menjauhkan diri dari sahabat Muhammad SAW dan mencelanya,
menghinanya serta mengkafirkannya, kecuali hanya empat orang saja yang tidak
mereka kafirkan, yaitu Ali, Ammar, Migdad dan Salman. Golongan Rofidhoh (Syiah)
ini sama sekali bukan Islam.“
5. Imam Al-Bukhori
الامام البخارى
.
قال رحمه الله : ماأبالى صليت خلف الجهمى والرافضى
قال رحمه الله : ماأبالى صليت خلف الجهمى والرافضى
أم صليت خلف اليهود والنصارى
ولا يسلم عليه ولا يعادون ولا يناكحون ولا يشهدون
ولا تؤكل ذبائحهم
.
) خلق أفعال العباد :١٢٥(
) خلق أفعال العباد :١٢٥(
Iman Bukhori berkata : “Bagi saya sama
saja, apakah aku sholat dibelakang Imam yang beraliran JAHM atau Rofidhoh
(Syiah) atau aku sholat di belakang Imam Yahudi atau Nasrani. Dan seorang
Muslim tidak boleh memberi salam pada mereka, dan tidak boleh mengunjungi
mereka ketika sakit juga tidak boleh kawin dengan mereka dan tidak menjadikan
mereka sebagai saksi, begitu pula tidak makan hewan yang disembelih oleh
mereka.” (Imam Bukhori / Kholgul Afail, halaman 125).
6. Al-Faryabi
الفريابى :
روى الخلال قال : أخبرنى حرب بن اسماعيل الكرمانى
قال : حدثنا موسى بن هارون بن زياد قال: سمعت
الفريابى ورجل يسأله عمن شتم أبابكر
قال: كافر، قال: فيصلى عليه، قال: لا. وسألته كيف
يصنع به وهو يقول لا اله الا الله،
قال: لا تمسوه بأيديكم، ارفعوه بالخشب حتى تواروه
فى حفرته.
)الخلال/السنة: ۲،٥٦٦(
Al Khalal meriwayatkan, katanya : “Telah
menceritakan kepadaku Harb bin Ismail Al Karmani, katanya : “Musa bin Harun bin
Zayyad menceritakan kepada kami : “Saya mendengar Al Faryaabi dan seseorang
bertanya kepadanya tentang orang yang mencela Abu Bakar. Jawabnya : “Dia
kafir”. Lalu ia berkata : “Apakah orang semacam itu boleh disholatkan
jenazahnya ?”. Jawabnya : “Tidak”. Dan aku bertanya pula kepadanya : “Mengenai
apa yang dilakukan terhadapnya, padahal orang itu juga telah mengucapkan Laa
Ilaaha Illalloh?”. Jawabnya : “Janganlah kamu sentuh jenazahnya dengan tangan
kamu, tetapi kamu angkat dengan kayu sampai kamu turunkan ke liang lahatnya”. (Al Khalal / As Sunnah,
6-566)
.
7. Ahmad bin Yunus
7. Ahmad bin Yunus
Beliau berkata : “Sekiranya seorang Yahudi menyembelih seekor binatang dan seorang Rofidhi (Syiah) juga menyembelih seekor binatang, niscaya saya hanya memakan sembelihan si Yahudi dan aku tidak mau makan sembelihan si Rofidhi (Syiah), sebab dia telah murtad dari Islam”. (Ash Shariim Al Maslul, halaman 570).
8. Abu Zur’ah Ar-Rozi
أبو زرعة الرازى.
اذا رأيت الرجل ينتقص أحدا من أصحاب رسول الله صلى
الله عليه وسلم
فاعلم أنه زنديق، لأن مؤدى قوله الى ابطال القران
والسنة.
( الكفاية : ٤٩)
Beliau berkata : “Bila anda melihat seorang merendahkan
(mencela) salah seorang sahabat Rasulullah SAW, maka ketahuilah bahwa dia
adalah ZINDIIG. Karena ucapannya itu berakibat membatalkan Al-Qur’an dan As
Sunnah”. (Al Kifayah, halaman 49).
9. ABDUL QODIR AL BAGHDADI
Beliau berkata : “Golongan
Jarudiyah, Hisyamiyah, Jahmiyah dan Imamiyah adalah golongan yang mengikuti
hawa nafsu yang telah mengkafirkan sahabat-sahabat terbaik Nabi, maka menurut
kami mereka adalah kafir. Menurut kami mereka tidak boleh di sholatkan dan
tidak sah berma’mum sholat di belakang mereka”. (Al Fargu Bainal Firaq, halaman 357).
Beliau selanjutnya
berkata : “Mengkafirkan mereka adalah suatu hal yang wajib, sebab
mereka menyatakan Allah bersifat Al Bada’ 10. IBNU HAZM Beliau berkata : “Salah satu pendapat golongan Syiah
Imamiyah, baik yang dahulu maupun sekarang ialah, bahwa Al-Qur’an sesungguhnya
sudah diubah”.
Kemudian beliau berkata : ”Orang yang berpendapat bahwa Al-Qur’an yang ada ini telah diubah adalah benar-benar kafir dan mendustakan Rasulullah SAW”. (Al Fashl, 5-40).
11. ABU HAMID AL GHOZALI
Imam Ghozali berkata :
“Seseorang yang dengan terus terang mengkafirkan Abu
Bakar dan Umar Rodhialloh Anhuma, maka berarti ia telah menentang dan
membinasakan Ijma kaum Muslimin. Padahal tentang diri mereka (para sahabat) ini
terdapat ayat-ayat yang menjanjikan surga kepada mereka dan pujian bagi mereka
serta pengukuhan atas kebenaran kehidupan agama mereka, dan keteguhan aqidah mereka
serta kelebihan mereka dari manusia-manusia lain”.
Kemudian kata beliau : “Bilamana riwayat
yang begini banyak telah sampai kepadanya, namun ia tetap berkeyakinan bahwa
para sahabat itu kafir, maka orang semacam ini adalah kafir. Karena dia telah
mendustakan Rasulullah. Sedangkan orang yang mendustakan satu kata saja dari
ucapan beliau, maka menurut Ijma’ kaum Muslimin, orang tersebut adalah kafir”.
(Fadhoihul Batiniyyah,
halaman 149).
12. AL QODHI IYADH
Beliau berkata : “Kita telah menetapkan kekafiran
orang-orang Syiah yang telah berlebihan dalam keyakinan mereka, bahwa para Imam
mereka lebih mulia dari pada para Nabi”.
Beliau juga berkata : “Kami juga
mengkafirkan siapa saja yang mengingkari Al-Qur’an, walaupun hanya satu huruf
atau menyatakan ada ayat-ayat yang diubah atau ditambah di dalamnya,
sebagaimana golongan Batiniyah (Syiah) dan Syiah Ismailiyah”. (Ar Risalah, halaman 325).
13. AL FAKHRUR ROZI Ar Rozi menyebutkan,
bahwa sahabat-sahabatnya
dari golongan Asyairoh mengkafirkan golongan Rofidhoh (Syiah) karena tiga alas
an
:
Pertama: Karena mengkafirkan para pemuka kaum Muslimin (para sahabat Nabi). Setiap orang yang mengkafirkan seorang Muslimin, maka dia yang kafir. Dasarnya adalah sabda Nabi SAW, yang artinya : “Barangsiapa berkata kepada saudaranya, hai kafir, maka sesungguhnya salah seorang dari keduanya lebih patut sebagai orang kafir”.
Pertama: Karena mengkafirkan para pemuka kaum Muslimin (para sahabat Nabi). Setiap orang yang mengkafirkan seorang Muslimin, maka dia yang kafir. Dasarnya adalah sabda Nabi SAW, yang artinya : “Barangsiapa berkata kepada saudaranya, hai kafir, maka sesungguhnya salah seorang dari keduanya lebih patut sebagai orang kafir”.
Dengan demikian mereka (golongan Syiah) otomatis menjadi kafir.
Kedua: “Mereka telah mengkafirkan satu umat (kaum) yang telah ditegaskan oleh Rasulullah sebagai orang-orang terpuji dan memperoleh kehormatan (para sahabat Nabi)”.
Ketiga: Umat Islam telah Ijma’ menghukum kafir siapa saja yang mengkafirkan para tokoh dari kalangan sahabat.
(Nihaayatul Uguul, Al
Warogoh, halaman 212).
14. SYAH ABDUL AZIZ DAHLAWI
Sesudah mempelajari
sampai tuntas mazhab Itsna Asyariyah dari sumber-sumber mereka yang terpercaya,
beliau berkata : “Seseorang yang menyimak aqidah mereka yang busuk dan apa
yang terkandung didalamnya, niscaya ia tahu bahwa mereka ini sama sekali tidak
berhak sebagai orang Islam dan tampak jelaslah baginya kekafiran mereka”. (Mukhtashor At Tuhfah Al Itsna Asyariyah, halaman
300).
15. MUHAMMAD BIN ALI ASY SYAUKANI
Perbuatan yang mereka
(Syiah) lakukan mencakup empat dosa besar, masing-masing dari dosa besar ini
merupakan kekafiran yang terang-terangan.
Pertama : Menentang Allah.
Pertama : Menentang Allah.
Kedua : Menentang Rasulullah.
Ketiga : Menentang Syariat Islam yang suci dan upaya mereka untuk melenyapkannya.
Keempat : Mengkafirkan para sahabat yang diridhoi oleh Allah, yang didalam Al-Qur’an telah dijelaskan sifat-sifatnya, bahwa mereka orang yang paling keras kepada golongan Kuffar, Allah SWT menjadikan golongan Kuffar sangat benci kepada mereka. Allah meridhoi mereka dan disamping telah menjadi ketetapan hukum didalam syariat Islam yang suci, bahwa barangsiapa mengkafirkan seorang muslim, maka dia telah kafir, sebagaimana tersebut di dalam Bukhori, Muslim dan lain-lainnya.
(Asy Syaukani, Natsrul
Jauhar Ala Hadiitsi Abi Dzar, Al Warogoh, hal 15-16)
16. PARA ULAMA SEBELAH
TIMUR SUNGAI JAIHUN
Al Alusi (seorang penulis tafsir) berkata :
“Sebagian besar ulama disebelah timur sungai ini menyatakan kekafiran golongan
Itsna Asyariyah dan menetapkan halalnya darah mereka, harta mereka dan
menjadikan wanita mereka menjadi budak, sebab mereka ini mencela sahabat Nabi
SAW, terutama Abu Bakar dan Umar, yang menjadi telinga dan mata Rasulullah SAW,
mengingkari kekhilafahan Abu Bakar, menuduh Aisyah Ummul Mukminin berbuat zina,
padahal Allah sendiri menyatakan kesuciannya, melebihkan Ali r.a. dari
rasul-rasul Ulul Azmi. Sebagian mereka melebihkannya dari Rasulullah SAW dan
mengingkari terpeliharanya Al-Qur’an dari kekurangan dan tambahan”.
(Nahjus Salaamah, halaman
29-30).
Demikian telah kami
sampaikan fatwa-fatwa dari para Imam dan para Ulama yang dengan tegas mengkafirkan
golongan Syiah yang telah mencaci maki dan mengkafirkan para sahabat serta menuduh Ummul mukminin Aisyah berbuat
serong, dan berkeyakinan bahwa Al-Qur’an yang ada sekarang ini tidak orisinil
lagi (Mukharrof). Serta mendudukkan imam-imam mereka lebih tinggi (Afdhol) dari
para Rasul.
Semoga fatwa-fatwa
tersebut dapat membantu pembaca dalam mengambil sikap tegas terhadap golongan
Syiah.
“Yaa Allah tunjukkanlah pada kami bahwa yang benar itu benar dan jadikanlah kami sebagai pengikutnya, dan tunjukkanlah pada kami bahwa yang batil itu batil dan jadikanlah kami sebagai orang yang menjauhinya.”
Risalah Amman, bila
dibandingkan dengan pernyataan para Ulama diatas, nyata sangat bertolak
belakang, bahkan membelakangi Imam Imam yang lebih tahu siapa Rafidhah. Tanpa
merendahkan kedudukan para ulama yang jelas
sangat motivasi politis dibalik semua itu, bukan karena mengeluarkan
fatwa secara jujur.
Beikut ini fatwa fatwa
Ulama dalam bahasa Arab mentahdzir dan mentakfir Syiah sebagai kelompok yang
membahayakan dalam dunia Islam
حكم
علماء الإسلام وفتاواهم في الشيعة الإمامية الاثنا عشرية:
إن الشيعة الإمامية الاثنا عشرية من فرق الضلال
التي جمعت في عقيدتها، كل شرٍ وانحراف موجود في باقي الفرق والنحل، ولهذا حكم
جمهور العلماء بكفرهم وزندقتهم .
قول: عمار بن ياسر رضي الله عنه:
عن عمرو بن غالب: أن رجلاً نال من عائشة رضي الله
عنها عند عمار رضي الله عنه فقال: (اغرب مقبوحاً، أتؤذي حبيبة رسول الله صلى الله
عليه وسلم)، رواه الترمذي باسناد حسن.
قول: عبد الرحمن بن أبزى رضي الله عنه:
فعن سعيد بن عبد الرحمن بن أبزى قال: (قلت لأبي:
ما تقول في رجل سب أبا بكر؟.
قال: يُقتل.
قلت: ما تقول في رجل سب عمر؟
قال: يُقتل)
قول: عبد الله بن المبارك:
قال رحمه الله تعالى: (الدين لأهل الحديث،
والكلام والحيل لأهل الرأى، والكذب للرافضة(
قول: سفيان الثوري:
عن إبراهيم بن المغيرة قال: (سألت الثوري: يُصلى
خلف من يسب أبا بكر وعمر؟ قال: لا(
قول: الزهري:
قال الإمام الزهري: (ما رأيت قوماً أشبه بالنصارى
من السبئية.قال أحمد بن يونس: هم الرافضة)
قول: سفيان بن عيينة:
قال رحمه الله تعالى: (لا تصلوا خلف الرافضي
[يعني الشيعي] ولا خلف الجهمي ولا خلف القدري ولا خلف المرجئي).
قول: علقمة بن قيس النخعي:
قال رحمه الله تعالى: (لقد غلت هذه الشيعة في علي
رضي الله عنه كما غلت النصارى في عيسى بن مريم)
قول: أبو يوسف القاضي:
قال رحمه الله تعالى: (لا أصلي خلف الجهمي أو
رافضي [يعني الشيعي] ولا قدري.(
قول: يزيد بن هارون الواسطي:
قال مؤمل بن إهاب: سمعت يزيد بن هارون يقول:
(يُكتب عن كل مبتدع-إذا لم يكن داعية- إلا الرافضة فإنهم يكذبون).
قول: أبو عبيد القاسم بن سلاّم:
قال الإمام القاسم بن سلام: (لا حظ للرافضي [يعني
الشيعي] في الفيء والغنيمة)
وقال كذلك رحمه الله: (عاشرت الناس وكلمت أهل
الكلام وكذى، فما رأيت أوسخ وسخاً، ولا أقذر قذراً، ولا أضعف حجة، ولا أحمق من
الرافضة).
قول: الأعمش:
قال معاوية بن خازن: سمعت الأعمش يقول: (أدركت
الناس وما يسمونهم إلا بكذابين، يعني الرافضة(.
قول: مالك بن أنس:
قال الإمام مالك: (الذي يشتم أصحاب النبي صلى
الله عليه وسلم، ليس لهم إسم أو قال نصيب في الإسلام(.
كما سُئل الإمام مالك عن الرافضة الشيعة فقال:
(لا تكلمهم ولا ترد عنهم فإنهم يكذبون)
قول: الشافعي:
قال حرملة: سمعت الشافعي يقول: (لم أر أحداً أشهد
بالزور من الرافضة).
قول: أحمد بن حنبل:
روى الخلال عن أبي بكر المروذي قال: (سألت أبا
عبد الله، يعني أحمد بن حنبل، عمن يشتم ابا بكر وعمر وعائشة ؟.
قال: ما أراه على الإسلام)
وقال الخلال:
أخبرني عبد الملك بن عبد الحميد قال: سمعت أبا
عبد الله يعني أحمد بن حنبل قال: (من شتم [يعني أصحاب رسول الله] أخاف عليه الكفر
مثل الروافض، ثم قال: (من شتم أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم لا نأمن أن يكون قد
مرق من الدين) أي خرج من الدين.
وقال: أخبرنا عبد الله بن أحمد بن حنبل قال: سألت
أبي عن رجل شتم رجلاً من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم فقال: (ما أراه على الإسلام).
وجاء عن الإمام أحمد بن حنبل قوله عن الرافضة
الشيعة ما نصه: (هم الذين يتبرأون من أصحاب محمد صلى الله عليه وسلم، ويسبونهم،
وينتقصونهم، ويكفرون الأئمة إلا أربعة، علي، وعمار، والمقداد، وسلمان، وليست الرافضة من الإسلام في شيئ)
وقال ابن عبد القوي: (كان الإمام أحمد يكفر من
تبرأ منهم (أي الصحابة) ومن سب عائشة أم المؤمنين مما برأها الله منه وكان يقرأ
(يعظكم الله أن تعودوا لمثلهِ أبداً إن كنتم مؤمنين).
وسُئل رحمه الله تعالى عن الذي يشتم معاوية أيصلى
خلفه؟ (قال: لا يصلى خلفه ولا كرامة)
قول: البخاري:
قال الإمام البخاري رحمه الله تعالى: (ما أبالي صليت خلف الجهمي والرافضي، أم صليت خلف
اليهود النصارى، ولا
يسلم عليهم ولا يعادون [ أي لا يزارون في مرضهم ] ولا يناكحون ولا يُشهدون، [ أي
لا تُشهد جنائزهم لأنهم ماتوا على غير ملة الإسلام ]، ولا تؤكل ذبائحهم).
************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!
0 komentar: