Breaking News
Loading...

Setiap 100 Tentara Rusia di Suriah, Setengahnya Kembali dalam Peti Mati
Syiahindonesia.com, Moskow – Keterlibatan Rusia di Suriah adalah harga yang harus dibayar mahal oleh Kremlin. Menurut bukti yang dikumpulkan oleh Reuters, sejak akhir Januari, kerugian Rusia di Suriah lebih besar tiga kali lipat dari korban resmi yang dirilis.

Delapan belas warga Rusia yang bertempur bersama pasukan rezim Suriah telah tewas sejak 29 Januari, periode yang bertepatan dengan pertempuran sengit untuk merebut kembali kota Palmyra dari ISIS.

Kementerian Pertahanan Rusia secara terbuka melaporkan hanya lima pasukan yang tewas di Suriah selama periode tersebut. Pejabat tidak menyebutkan setiap skala besar operasi darat Rusia dalam perang di Palmyra.

Reuters mengungkap hal itu dalam wawancara dengan kerabat dan teman-teman dari mereka yang mati, pekerja pemakaman, laporan media lokal terkait pemakaman dan bukti yang dikumpulkan oleh sekelompok blogger investigasi, Tim Intelijen Konflik (CIT).

Dalam setiap kasus, Reuters telah memverifikasi secara independen informasi tentang kematian, dengan berbicara kepada seseorang yang mengetahui korban yang tewas.

Para korban sejak akhir Januari adalah salah satu yang tertinggi dari kontingen Rusia di Suriah sejak awal intervensi militer Moskow 18 bulan yang lalu.

Sebagian besar yang tewas bukan tentara Rusia biasa, tapi warga sipil Rusia yang bekerja sebagai kontraktor militer swasta (tentara bayaran) di bawah perintah komandan Rusia. Moskow belum secara resmi mengakui kehadiran kontraktor tersebut di Suriah.

18 korban jiwa yang didokumentasikan oleh Reuters termasuk lima tentara yang tewas dalam pengumuman oleh kementerian pertahanan, empat kontraktor militer swasta, tujuh kontraktor sejenis, dan dua tentara reguler yang kematiannya belum diumumkan oleh kementerian pertahanan.

Salah satu dari 18 orang tewas adalah Yuri Sokalsky (52 tahun) dari resor Laut Hitam Rusia Gelendzhik. Menurut orang yang dekat dengannya, ia mendaftar untuk pergi ke Suriah pada bulan Januari dengan sekelompok kontraktor swasta.

Dalam sebuah panggilan telepon, orang yang dekat dengannya mengatakan, dia mengaku terkejut terhadap sejumlah besar kontraktor Rusia yang dikirim ke Suriah.

“Dari setiap 100 orang, 50 datang kembali dalam peti mati,” katanya. Dia meminta untuk tidak disebut namanya, karena takut akan dampak mengungkapkan informasi yang sensitif untuk pemerintah Rusia.

Jangka periode yang diperiksa oleh Reuters bertepatan dengan dimulainya penyebaran utama Rusia ke daerah sekitar Palmyra, menurut beberapa orang yang dekat dengan mereka yang tewas.

Laporan media lokal dan posting media sosial menunjukkan lebih banyak kematian Rusia di Suriah sejak akhir Januari dari hanya 18 korban, namun Reuters belum bisa memverifikasi informasi ini secara independen. (kiblat)

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: