Breaking News
Loading...

 Serangan Syiah Houthi Picu Kebakaran di Yaman, Puluhan Migran Tewas

Kelompok hak asasi manusia, Human Rights Watch (HRW) mengatakan bahwa "proyektil tak teridentifikasi" yang diluncurkan oleh kelompok pemberontak Houthi di Yaman menyebabkan kebakaran pada 7 Maret lalu. Akibat kebakaran itu, puluhan migran tewas di fasilitas penahanan imigrasi di Sanaa, ibu kota Yaman.
Seperti dilansir AFP, Selasa (16/3/2021) Houthi menguasai sebagian besar wilayah Yaman utara, termasuk Sanaa, yang pada tahun 2014 memicu perang yang menghancurkan.
"Puluhan migran tewas terbakar di Yaman pada 7 Maret 2021, setelah pasukan keamanan Houthi meluncurkan proyektil tak teridentifikasi ke pusat penahanan imigrasi di Sanaa, dan menyebabkan kebakaran," kata HRW dalam sebuah pernyataan.
"Para migran mengatakan proyektil pertama menghasilkan banyak asap dan membuat mata mereka berair dan perih. Proyektil kedua, yang oleh para migran disebut 'bom', meledak dengan keras dan menyulut api," kata HRW.
Ia menambahkan bahwa ratusan migran yang terluka sedang dirawat di rumah sakit di Sanaa.
Pekan lalu, Organisasi Internasional untuk Migran (IOM) mendesak pemberontak Houthi untuk memberikan akses tanpa hambatan kepada yang terluka. Dikatakan lebih dari 170 orang terluka, lebih dari setengahnya luka serius, dan sebanyak 60 orang tewas.
Dalam korespondensi dengan HRW, juru bicara Houthi, Mohammed Abdulsalam mengatakan insiden itu "tidak boleh dipolitisasi atau dieksploitasi".
"Insiden yang terjadi merupakan hasil normal yang terjadi pada insiden serupa di seluruh dunia," katanya.
Dia menyerukan pencabutan blokade yang dipimpin Arab Saudi di bandara yang dikendalikan pemberontak di Sanaa, sehingga para migran "dapat kembali ke rumah".
Koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman pada 2015 untuk mendukung pemerintah melawan pemberontak. Sejak itu, puluhan ribu orang telah terbunuh dan jutaan orang terlantar, dalam apa yang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa disebut sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. (sumber : detik dot com)




************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: