Breaking News
Loading...

Inilah 22 Kelompok Teroris Syiah Dukungan Iran yang Mulai Mengepung Idlib
Syiahindonesia.com - Iran memiliki sedikitnya 120.000 teroris asing yang bertikai dengan rezim Bashar al-Assad di Suriah sejak perang sipil dimulai pada 2011. Sekitar 22 kelompok mengepung Idlib dari tiga arah, dan saat ini hadir di 232 titik.

Untuk waktu yang lama, rezim Assad telah melakukan operasi militernya melawan musuh di Suriah bukan melalui pasukannya sendiri, tetapi terutama melalui pasukan asing yang didukung Iran.

Kelompok-kelompok ini ditempatkan terutama di Idlib, Damascus, Homs, pedesaan Deir-Ez Zor dan khususnya di perbatasan Lebanon.

Menurut informasi yang dihimpun oleh Anadolu Agency, Kamis (20/9/2018), dari outlet media kelompok teroris asing yang didukung Iran, media Iran dan lawan di Suriah; administrasi Tehran mulai mengirim milisi ke Suriah pada bulan-bulan pertama tahun 2014.

Suriah juga bertempur dengan milisi Syiah Hizbullah yang didukung Iran sebelumnya. Hizbullah pertama memberi dukungan kepada rezim selama operasi di dekat perbatasan Libanon akhir 2012.

Enam bulan kemudian, kelompok itu mengumumkan entitas dan dukungannya kepada rezim di distrik al-Qusayr di pedesaan Homs.

Selama periode ini, komandan Pengawal Revolusi Iran dianggap sebagai “konsultan” di zona konflik dan bidang pendidikan militer, sementara tentara penjaga dianggap sebagai “pejuang.”

Selain terlibat dalam perang secara fisik, Garda Revolusi Syiah Iran juga memberikan pelatihan dan dukungan logistik kepada milisi Syiah lainnya yang bertempur di Suriah.

Keterlibatan pasukan Iran ke medan konflik di sisi rezim Nushairiyah Assad meningkat setelah lawan-lawan Suriah mengambil kendali penuh atas Idlib dan mendekati Latakia pada awal 2015.

Awal 2015, Bashar al-Assad mengakui bahwa pasukannya berada dalam situasi yang sulit dan jumlah prajurit menurun.

Tentara dan intelijen Iran, yang ingin menjaga rezim Syiah tetap hidup, memiliki puluhan ribu pasukan teroris Syiah – yang dibawa dari Irak, Libanon, Afghanistan, dan Pakistan – masuk ke Suriah.

Pasukan ini benar-benar mengambil peran aktif di Madaya, al-Zabadani dan Lembah Barada – di mana kematian terjadi akibat kelaparan dan puluhan ribu warga sipil diblokade. Milisi Syiah  menanam ranjau di dekat daerah pemukiman, merampas bantuan kemanusiaan bagi warga sipil.

Ketika tragedi kemanusiaan tidak tertahankan lagi, penduduk setempat dan musuh-musuh sipil harus melarikan diri dari wilayah tersebut. Dengan demikian, proses evakuasi wajib dimulai.

Pasukan Syiah yang didukung Iran melakukan serangan mereka yang paling intensif terhadap Aleppo, di mana mereka menetap sejak awal 2014. Pasukan itu menyerahkan Aleppo kepada rezim setelah tragedi 4 bulan, di mana ratusan ribu orang hidup dalam pengepungan.

Pasukan tersebut mengevakuasi seluruh Homs, Ghouta Timur, Dara dan daerah Quneitra dalam waktu 4 bulan, melalui metode penyerangan blokade-deportasi.

Kelompok teroris asing yang didukung Iran kemudian menuju ke Idlib. Kelompok-kelompok tersebut menumpuk selama tiga bulan terakhir memblokade Idlib dari timur, barat dan selatan.

Diketahui bahwa lebih dari 120.000 kelompok yang didukung Iran ada di Suriah. Hampir setengah dari pasukan ini sudah ditempatkan di sekitar Idlib.

22 kelompok teroris asing yang didukung Iran di sekitar zona eskalasi Idlib dari tiga arah hadir di 232 titik yang berbeda.

12 kelompok yang ditempatkan di timur Idlib dan Aleppo barat adalah sebagai berikut:

Fatemiyoun asal Afghanistan dan brigade Zainabiyoun asal Pakistan, gerakan al-Nujaba asal Irak, Pasukan Badar, Imam Ali dan Brigade Imam Hossein, Hizbullah Lebanon, Brigade Bakr, pasukan Quds yang berasal dari Iran dan Tentara Mahdi, Brigade Suriah Suriah, dan Pemilik dari Unit Hak.

Di Suriah, ada kelompok lain juga; seperti Brigade Basij asal Iran, Brigade Liwa Zainebiyoun, Brigade Quds yang berasal dari Palestina, Garda Revolusi Iran, dan pasukan khusus.

Menurut sumber yang berbicara kepada koresponden Anadolu Agency di Idlib, kelompok-kelompok ini, yang dikerahkan di Homs dan Damaskus juga akan datang ke Idlib jika ada kemungkinan operasi militer terjadi.

Iran kehilangan tokoh senior selama operasi yang dilakukan terhadap lawan-lawan Suriah.

Menurut informasi yang dikumpulkan oleh Anadolu Agency dari media resmi dan semi-resmi Iran, sedikitnya 15 jenderal tewas sejak Februari 2013.

Korban tertinggi  Iran di Suriah adalah Jenderal  Hussein Hamadani, seorang komandan Pengawal Revolusi Iran, yang tewas di Aleppo pada tahun 2015.

Suriah telah dikunci dalam perang global yang ganas sejak awal 2011 ketika rezim Syiah Nushairiyah Assad membantai para demonstran dengan keganasan militer yang tidak terduga.

Sejak itu, ratusan ribu orang diyakini telah tewas dan jutaan lainnya mengungsi karena konflik. Jurnalislam.com

************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: