Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Seorang sumber militer pemerintah sah Yaman mengungkapkan sedikitnya seperempat juta ranjau telah disebar pemberontak Syiah Houthi dan sekutunya Ali Abdullah Saleh di kota-kota yang berhasil di rebut pasukan pemerintah bersama Aliansi Militer Islam.

“Ini adalah angka yang kami dapatkan sejak dimulainya operasi pembebasan Yaman bersama Aliansi Militer Islam pimpinan Arab Saudi pada bulan Maret 2015 hingga akhir 2016,” ujar sumber yang minta dirahasiakan identitasnya kepada Al Arabiya.net

Sumber tersebut memperkirakan jumlah ranjau yang ditanam Syiah Houthi dan Ali Abdullah Saleh akan terus bertambah, dimana kelompok pemberontak akan menyebarkan ranjau di daerah-daerah yang sudah tidak dapat dipertahankan.

Minggu 8 Januari kemarin pasukan tentara nasional mengumumkan berhasil mengangkat 600 ranjau darat selama dua hari terakhir di distrik bayhan provinsi Shabwa sebelah tenggara Yaman.

Sumber memperkirakan sekitar 100 ribu ranjau telah ditanam oleh provinsi Aden dan Lahij dan Dali di Yaman selatan, sedangkan sisanya disebar ke provinsi Marib dan Jawf, Taiz dan Shabwa dan al-Bayda, dan Sa’ada yang kini dikuasai pasukan pemerintah.

Perlu diketahui bahwa pada akhir bulan November 2016, tentara nasional Yaman membentuk tim teknik khusus pelucutan ranjau darat di berbagai wilayah di provinsi Marib. Tercatat 36 ribu ranjau berhasil ditemukan tim pelucutan. (Alarabiya/Ram)

0 komentar: