Breaking News
Loading...

Syiahindonesia.com - Pejabat Iran melaporkan, lebih dari 1.000 militan yang dikirim dari Iran untuk mendukung Bashar Assad di Suriah tewas selama konflik.

“Jumlah martir dari negara kami untuk membela kuil kini mencapai 1.000,” kata Ali Shahidi Mahalati, kepala Yayasan Martir dan Veteran Iran seperti dikutip dari kantor berita Tasnim.

Iran, lanjut dia, telah mengirimkan penasihat militer serta relawan yang direkrut dari Afghanistan dan Pakistan untuk bekerja dengan pasukan Assad. Mereka dikenal di Iran sebagai “pembela kuil”, mengacu pada tempat-tempat suci Syiah di Suriah.

Shahidi tidak mengungkap detail dari negara mana militan yang tewas. Namun, Brigade Fatimiyun yang berisi militan Syiah dari Afghanistan di antara yang menyumbang jumlah terbanyak dari mereka yang tewas.

Syiah Iran adalah pendukung setia Assad, yang menyediakan dukungan keuangan dan militer untuk pemerintahannya. Iran mengklaim pengiriman milisi untuk memerangi kelompok ekstremis Sunni seperti ISIS. Namun, pada kenyataannya milisi bertempur melawan seluruh kelompok oposisi Suriah. (kiblat)

0 comments: